7 Solo Gitar Eross Candra Terpenting Pilihan Pophariini

Nov 8, 2022
Eross Candra

Bicara gitaris handal dalam musik Indonesia, nama Eross Candra tidak boleh dilewatkan. Dan tidak berlebihan bila menyematkan gelar dewa gitar Indonesia pada gitaris/penulis lagu Sheila On 7 ini. Karena sosoknya sebagai gitaris pop yang identik dengan melodi gitar blues rock dalam blantika musik Indonesia sangat sulit tergantikan. Sehingga selamanya akan hanya ada satu Eross Candra.

Belum cukup? Eross adalah gitaris Indonesia pertama dalam sejarah musik Indonesia yang dibuatkan gitar elektrik oleh Fender langsung yang modelnya didesain sendiri olehnya dan menggunakan namanya. Seri gitar ini dinamai Fender Telecaster Eross Candra Signature Series.

Maka itu sebelum menyimak  konser perdana Sheila on 7 setelah sekian tahun, Pophariini mengajak pembaca menyimak ulang perihal kesaktian gitaris Eross Candra yang di panggung Sheila On 7, atraksinya dalam bersolo gitar selalu menjadi tontonan tersendiri. Ini dia 7 solo gitar Eross Candra terpenting pilihan Pophariini.

Ada yang terlewat? Silakan tambahkan di kolom komentar di bawah.

 

1. “J.A.P” (Sheila On 7, 1999)

 

Permainan Eross mulai menarik perhatian lebih di lagu ini. Riff gitar catchy di intronya dengan sound gitar vintage yang mendem, dan mentah, serta solo gitarnya yang bisa melodius sekaligus playful. Simak kelincahan jarinya dari menit 3:30 hingga 4:00

 

2. “Bila Kau Tak Disampingku” (Kisah Klasik Untuk Masa Depan, 2000)

 

Eross mengisi umpan jeda lagu yang lazim dipergunakan dalam musik rock n roll/blues klasik dengan melodi gitar sederhana yang pas dan playful. Yang sayangnya entah kenapa dalam versi video musik resminya solo gitar sepanjang 32 detiknya ini dibuang. Mungkin demi durasi lagu lebih pendek.

 

3. “Seberapa Pantas” (07 Des, 2002)

 

Ini solo gitar Eross paling favorit dengan aransemen musik juga yang paling favorit. Dibuka dengan intro lick gitar blues meraung, lalu dimuati dengan lick gitar blues yang menyempil di sudut-sudut lagu dan ditambahi dengan solo gitar yang meledak-ledak.

Solo gitarnya begitu spesial, dengan cantiknya diiringi string section yang sekejap bermain selaras dengan melodi Eross, dan kemudian ditinggalkan sambil string-nya kembali mengiringi. Solo gitar blues rock dengan iringan paduan string section tidak pernah semegah ini di musik Indonesia.

 

4. “Melompat Lebih Tinggi” (OST.30 Hari Mencari Cinta, 2003)

 

Dari film 30 Hari Mencari Cinta, ini adalah satu lagu paling ngebut dari  Sheila On 7 yang bisa begitu populer sehingga selalu hadir  menggebrak di panggung-panggung mereka. Solo gitar yang panas dan energik berhasil menyalak selaras dengan lagunya yang bertempo tinggi. Salah satu contoh sound gitar signature Eross saat bersolo gitar yang begitu kriuk-krenyes seperti rempeyek kacang bisa didengar jelas di sini.

 

5. “Sekali Lagi” (The Very Best of Sheila On 7: Jalan Terus, 2005)

 

Ini adalah racikan unik. Bagaimana pada lagu bertempo lambat ini suara melodi gitar sember Eross justru bisa berpadu dengan nyanyian sendu Duta. Berpadu pada ketukan groovy dari Adam dan Brian. Isian gitar pendek-pendeknya yang efisien dan sendu juga bukti bagaimana sebuah solo gitar tidak melulu harus ngebut atau melengking-melengking tinggi.

 

6. “Satu Langkah” (Musim Yang Baik, 2014)

 

Bagian paling keren adalah solo gitar ber-phaser yang semriwing dan spacey. Terutama ketika Eross memainkan riff yang nge-chord sebelum kemudian masuk dan memainkan solo sebenarnya, berupa solo gitar pentatonik blues yang simpel dan secukupnya. Catchy sekali!

 

7. “Film Favoritku” (singel, 2019)

 

Dari singel terakhir mereka yang dirilis tiga tahun lalu. Di sini Eross kembali bermain efisien. Ketimbang satu solo gitar utuh, ia memilih untuk membagi dua. Yang pertama memainkan melodi gitar yang diulang-diulang sebagai pemanis yang menguatkan lagu, dan sebagai penutup bermain melodi yang mengokohkan bangunan musik lagu bersama instrumen lainnya menuju klimaksnya sebelum lagu berakhir. Megah!

 


Foto Eross Candra: Robbie Suharlim

Penulis
Fari Etona
Pendenger musik pop dan rock, serta pecinta binatang dan pemakan buah-buahan.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Marizka Juwita Rilis Single Baru tentang Perpisahan

Setelah bercerita tentang orang yang gampang jatuh cinta di single sebelumnya, kali ini Marizka Juwita mengeluarkan lagu soal perpisahan dengan seseorang.

Era Baru Seorang Salim Lubis

Di momen ini, Salim Lubis menjawab sebuah tantangan di perjalanan bermusiknya terdahulu, yakni menulis sebuah lagu dengan bahasa Indonesia.