85

“Ada”, Karya Terakhir Almarhum Glenn Fredly Dirilis Resmi

Glenn Fredly
karya terakhir almarhum Glenn Fredly dirilis resmi / dok. Bumi Entertainment

Tak terasa, sudah hampir genap tiga bulan Glenn Fredly telah meninggalkan kita. Meski demikian, ternyata ‘namanya’ tetap produktif sampai hari ini. Buktinya, sang mendiang belum lama ini merilis karya terakhirnya bertajuk “Ada” lewat layanan musik streaming yang ada.

Berita dirilisnya karya terakhir dari almarhum Glenn Fredly diumumkan secara resmi oleh Bumi Entertaiment, manajemen yang dibentuk dan menaungi diri dan karyanya.

Single “Ada” yang digubah oleh Almarhum Glenn semasa hidupnya ini dibantu oleh banyak teman-teman musisi kala itu, diantaranya drummer Rayendra Sunito yang merangkap sebagai produser musik, Barry Likumahuwa di bass, Topan Abimanyu dan lainnya.

Menariknya, single ini tayang resmi perdana di radio-radio swasta di Jakarta, yaitu di Hardrock FM, Trax FM, Brava Radio, Cosmopolitan FM dan I Radio. Ini upaya almarhum bung Glenn yang memang sangat menghargai keberadaan radio sebagai salah satu bagina yang terpenting dalam industri musik.  

Sang istri mendiang Bung Glenn, Mutia Ayu turut hadir sebagai sampul single yang resmi didesain oleh Carlo dengan format ala sampul piringan hitam ini. Carlo sendiri sebelumnya juga menggarap album terakhir Glenn Fredly, Romansa Ke Masa Depan yang dirilis 2019 lalu.

Ada, single terbaru dan terakhir mendiang Glenn Fredly / dok. Bumi Entertainment

Video dari single “Ada” ini sendiri sudah tayang dan sudah ditonton hampir 200 ribu insan yang apresiatif akan karya-karya dan nama beliau. Ada komentar dari fans bernama Heti Palestina Yunani yang menarik perhatian kami di video ini yang rasa-rasanya pas untuk kami tulis, ia menggambarkan suasana dan kesan mendalamnya setelah mendengar lagu ini.

“Saya tidak merasa ini seperti lagu umumnya, tetapi seolah menyimak bagaimana Glenn menuliskan hidupnya. Setiap kata sebagai syair di sini adalah ungkapan yg tdk perlu dikarang-karang melainkan hanya mengikuti alur cerita yang sedang dilaluinya. Saya membayangkan Glenn menuliskan ini ketika ia sedang dipenuhi kebahagiaan dan sangat bersyukur ada kehidupan baru di depannya: sebagai suami, sebagai ayah dan sebagai anak negeri. Itulah mengapa keindahan lagu ini bukan lagi pada teks atau melodinya yang memang melangut khas Glenn. Tetapi coba dengarkan ini seolah Glenn bertutur pada setiap kita yang telah dihiburnya puluhan tahun selagi ia sendiri sebenarnya menanggung banyak rasa yang tak mudah. Lagu ini semacam ucapan Puji Tuhan alhamdulillah bahwa di akhiran yang menjadi awal dari segala dambaannya, semua telah ada di tangannya. You are awesome Legend!” pungkasnya

Simak video dari “Ada”, single terbaru, terakhir persembahan almarhum Glenn Fredly

_____

Baca juga:  HMGNC Lanjutkan Semangat Garda Depan COVID-19