Adakah Kemungkinan 5 Musisi Ini Membuat Karya-karya Teranyarnya?

Dec 21, 2019

Menjelang akhir tahun, semua orang punya harapan akan banyak hal. Kami pun begitu. Sebagai orang yang sehari-hari berkutat soal musik (selain menulis, bahkan beberapa dari kami juga bermain musik). Dan ya, tak terkecuali musisi.

Salah satu problema yang juga kerap jadi harapan klasik yang ada di setiap penghujung tahun adalah soal karya. “Kapan album baru?” pertanyaan itu seolah menjadi hantu (atau saat ini mulai menjadi biasa?) bagi musisi yang lama tak membuat karya musik teranyar.

Klasik. Tak mudah memang menjawab pertanyaan apakah seorang musisi atau band akan  membuat karya musik teranyarnya di tiap tahun. Termasuk bagi 5 band di bawah ini. Kami mencoba merangkum beberapa kemungkinan mereka akan membuat karya-karya teranyarnya.


 

Sheila on 7

foto: sheilaon7.com

Album terakhir Sheila on 7, Musim Yang Baik dirilis 2014. Terakhir single mereka adalah “Film Favorit” dirilis Januari 2018, single berhasil menggaet AMI Awards. Namun sampai kapan “Film Favorit” akan tetap menjadi favorit? Apa nanti lama-lama penonton nggak bosan? Tahun 2020 nantri, akankah Duta & co. mempertimbangkan membuat album baru?

 

Maliq & D’Essentials

MALIQ & D'Essentials

MALIQ & D’Essentials, 2019 / foto: dok. Organic Records.

Senja Teduh Pelita (dirilis 2019) terbukti berhasil mengembalikan Maliq ke ‘track nostalgia’-nya setelah dua album sebelumnya, Musik Pop (2015) dan Senandung Sinandika (2017) membawa band yang berumur 17 tahun ini sedikit ‘keluar jalur’ menuju dimensi yang baru. 2020 nanti, adakah tanda-tanda album terbaru mereka bakal seperti apa? Sangat ditunggu!

 

Naif

Naif / foto dok. Naif

Coba kami hitung, album ketujuh, 7 Bidadari sudah berumur 2 tahun. Tak ada langkah promosional berarti kecuali satu video lirik dan video klip untuk album ini. Di luar jadwal panggung mereka yang, tak dipungkiri, padat. Apakah kuartet ini nggak gatel ingin membuat single baru atau album baru? Mungkin penonton sudah bosan dan ingin sesuatu yang baru dari Naif.

 

Komunal

Komunal / foto: @imajinasiryan (instagram)

Gemuruh Musik Pertiwi (2012) sudah lama sekali. Sama sekali tak ada pergerakan aktif dari band rock terbaik asal Bandung ini berkenaan dengan penggarapan materi-materi baru. Bagi yang kangen dengan suara parau Doddy Hamson, bisa cek di “Hareat Pt. I” single milik Jangar, unit heavy rock asal Bali. Bagi fans fanatik band ini, mungkin setuju dengan kami, bahwa album baru adalah satu dari langkah yang harus dilakukan Komunal untuk mempertahankan dirinya dari cap sebagai band mitos.

 

Iwa K

iwa K / dok. istimewa

Secara resmi, Vini Vidi Vunky menjadi album terakhir Iwa K yang dirilis hampir 2 dekade lalu. Sang maestro rapper ini memang sempat merilis EP Livin in the Fastline, tapi itu juga lima tahun lalu. Apakah semangat untuk rekaman sudah hambar, tak bergairah? Ataukah memang tujuan bermusik seorang Iwa K hanya seputar manggung dan, siaran? Ayolah Iwa, kapan album barunya?

_____

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir

Eksplor konten lain Pophariini

Dari Belanda Hingga Jerman, Voice of Baceprot Umumkan Jadwal Tur Eropa!

Trio nu-metal beranggotakan Marsya, Widi dan Sitti ini baru saja mengumumkan jadwal tur Eropa Voice of Baceprot yang nantinya akan melewati beberapa negara.

Holy City Rollers Bocorkan Single Baru “Blister”. Dengarkan Perdana di Sini

Holy City Rollers (HCR), akan merilis lagu terbaru mereka yang berjudul “Blister”. Pophariini beruntung mendapatkan ijin buat kasih denger duluan.