Enam Musisi Ini Garap Album di Masa Pandemi Corona

1718

Siapa atau apa yang menjadi inspirasi dalam penggarapan musik kali ini?

Alyuadi: Semua teman-teman musisi yang merilis karyanya selama kami tidak merilis apapun cukup menginspirasi kami.

Eca: Fenomena-fenomena yang terjadi di dalam diri pribadi sih kayanya yang menginspirasi.

Octavia: Referensi lagu dari musisi-musisi yang sebelumnya belum pernah didengarkan. 2019 sampai sekarang Jazz dan lagu-lagu dengan bagan yang repetitif lumayan mendominasi mood. Hal yang nggak pernah diduga.

Take drum / dok. Vando

Ada nggak kendala selama garap musiknya mengingat sikonnya berbeda (di masa pandemi corona)?

Alyuadi: Ada, yang biasanya kami gemar diam di satu rumah untuk workshop, jamming atau sekadar nongkrong, sekarang lumayan terhambat, jadi beberapa dari kami melakukan kegiatan rekaman di rumah masing-masing saja, walau kadang terpaksa kami langgar.

Eca: buanyak boshh, terutama mobilitas dan waktu. Banyak agenda yang miss sehingga kami harus reschedule agenda yang sudah matang, lalu jadi agak sulit untuk ketemu dan mengerjakan sesuatu bersama. Hhhhhh korona bangsat.

Octavia: Tentunya banyak menyita waktu sih. Dimana, ketika berkumpul segalanya jauh bisa lebih cepat. Tapi, tetap bersyukur masih bisa produktif ngeberesin dibandingkan bosan males-malesan.

 

Bam Mastro (Elephant Kind / Moon Gang)

Bam Mastro / dok. pribadi

Mana sekarang yang lagi difokuskan proyek solo, Elephant Kind, atau Moon Gang dalam penggarapan album?

Sebenernya tiga tiga-nya tapi karena kondisi seperti ini dan mungkin gue sempet post juga di instagram kemarin gue sempat sakit dimana gue harus lebih banyak istirahat untuk jaga kondisi tubuh. Tahun lalu gue udah rencana untuk release 3 projects itu di tahun ini. Tapi gue percaya bahwa ngelaluin ini itu salah satu prosesnya, mungkin jadi cerita lagi di album album gue berikutnya.

Boleh nggak ceritain masing-masing album sudah sampai mana prosesnya?

Kalo Moon Gang sih sudah cukup jauh karena sempet ke Ubud sama Aeng untuk writing retreats, kalo yang lain masih on the surface aja, belom jauh.

Moon Gang

Ada nggak sih kendala selama menggarap musik? Mengingat sikon kali ini pastinya akan sangat lah berbeda buat musisi

Ngga sih, tapi kalo kaya yang group seperti Elephant Kind or Moon Gang jadi agak lebih sulit karena harus ketemu kan dan program untuk bikin musik jarak jauh yg canggih juga belom sampai titik dimana accessible untuk pelaku seni. Yang jelas Moon Gang tunda release, untuk Elephant Kind kita udah sangat baik work flow-nya karena sudah bertahun-tahun bersama so we can make it work in any condition, semoga ya. Jadi kalo emang kita kondisi baik dan sehat trus, expect an album soon. Untuk solo gue , ya, ditunggu juga aja.

Kira-kira bakal ada kolaborasi sama musisi tamu nggak di album ini nanti?

Nah, itu belum kepikiran sih. Tapi pengennya si ada.

Trus siapa atau apa yang menjadi inspirasi dalam penggarapan musik, misalnya soal tema album atau per lagu?

Kalo di Moon Gang emang kita mau bahas tentang relationship dari sudut pandang male tapi ga yang udah udah, coba lebih dalam lagi relationship secara emotional dan visceral. Elephant Kind dan solo gue masih belom tau, ditunggu aja ya.

Elephant Kind
2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] The SIGIT menutup bulan Juli 2020 dengan merilis single terbaru berjudul “Another Day” Jumat, 31 Juli 2020. Sebelumnya, Rekti pernah menginformasikan kepada Pop Hari Ini bahwa band sudah mengumpulkan materi lagu sejak tahun 2016-an.  […]

trackback

[…] Enam Musisi Ini Garap Album di Masa Pandemi Corona […]