Jujur, Musisi-Musisi Indonesia Kangen Banget Manggung

638
Musisi Indonesia
Musisi-musisi ini kangen banget manggung / foto: istimewa

Dalam beberapa hari terakhir, istilah ‘new normal’ menjadi topik yang hangat dibicarakan di Indonesia, entah itu dalam lingkup keluarga, grup Whatsapp kantor dan grup tongkrongan, hingga cuitan-cuitan yang bersliweran di media sosial dari banyak orang, termasuk musisi.

Jika dirangkum secara singkat, new normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Presiden Jokowi dalam pidatonya beberapa hari lalu juga menyampaikan beberapa poin mengenai new normal ini.

“Saya minta protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru yang sudah disiapkan oleh Kemenkes ini disosialisasikan secara masif kepada masyarakat”, sebagaimana yang dilansir dari Kompas.com.

Lanjutnya, Presiden Jokowi juga menekankan mengenai menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, hingga soal larangan berkerumun. Jika menyimak imbauan untuk menjaga jarak dan larangan berkerumun, hal ini memang sudah berlangsung sejak Maret lalu, dimana saat itu masih gencar-gencarnya dengan slogan social-distancing.

Jika berbicara dari sisi industri musik dan berfokus kepada sebuah pertunjukan musik, kita tahu bersama bahwa industri ini juga menjadi yang ikut terdampak akibat pandemi ini. Seperti mendapat pukulan tanpa ada ancang-ancang untuk bertahan.

Memang, belakangan ini ada beberapa ‘akal-akalan’ untuk tetap bertahan yang dilakukan, seperti bagaimana yang dilakukan musisi asal Denmark, Mads Langer. Pertengahan Mei ini, dirinya menggelar sebuah drive-in concert yang digelar di beberapa kota. Di pertunjukannya di kota ketiga, Aarhu, dikabarkan bahwa tiket terjual hingga 2000 orang di dalam 500 mobil yang ‘parkir’ di depan panggung.

Simak ringkasan drive-in concert dari Mads Langer di tautan ini:

Indonesia pun tampaknya juga akan segera mengikut jejak Mads. Dikabarkan bahwa Berlian Entertainment bersama Mahaka Radio Integra (MARI) dan Mata Elang Productions menginisiasi hal serupa dengan tajuk Drive-In Konser ‘Nonton Seru dari Mobil’. Selengkapnya silahkan kunjungi artikel ini

Namun jika kembali berbicara mengenai ‘normal’ yang lama, dan juga kembali berbicara dari sisi industri musik, banyak diantara penggemar musik yang masih merindukan untuk menyaksikan pertunjukan musik secara live. Pengalaman-pengalaman seperti body-contact, sing-a-long, serta hal-hal lainnya menjadi beberapa faktor untuk mereka yang merindukan ‘normal’ yang lama tersebut. Walaupun belakangan ini banyak digelar pertunjukan musik secara virtual yang juga menjadi ‘akal-akalan’ dan sebagai obat kerinduan sementara selama pandemi ini berlangsung, namun tetap tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman yang disuguhkan ketika menyaksikan pertunjukan musik secara live.

Maka, praktik social-distancing di sebuah pertunjukan musik pun terasa mustahil untuk dilakukan. Apa rasanya jika menyaksikan Komunal tanpa adanya moshpit? Atau bagaimana rasanya jika menyaksikan Kahitna membawakan lagu “Cantik” tanpa adanya sing-a-long sahutan “Apaaa?” ketika Hedi Yunus menyanyikan bait lirik dari lagu tersebut sembari menyodorkan mic-nya ke penonton?

Tidak hanya penggemar musik, para musisi pun juga merindukan kegiatan yang setiap minggunya mereka lakukan. Hal ini pun sangat wajar, jika mengingat bahwa hampir tiap minggu selalu saja ada pertunjukan musik dengan penampil yang beragam dan dengan skala yang berbeda-beda, seakan selalu ada saja pilihan di tiap minggunya.

Tadinya, kami berniat untuk bertanya siapa kira-kira musisi yang sudah kangen banget pengin manggung, eh nyatanya tanpa ditanya pun sudah banyak musisi yang mengunggah perasaan kekangenan mereka akan berada di atas panggung ditonton oleh fansnya.

Kami merangkum beberapa musisi yang terlihat merindukan untuk berada di atas panggung.

Grrrl Gang

Grrrl Gang
Grrl Gang gemparkan M Bloc / foto: @grrrlgang (instagram)