Enam Musisi Ini Garap Album di Masa Pandemi Corona

1718

 

Dadang Pranoto (Dialog Dini Hari)

Dialog Dini Hari / dok. pribadi

Ada nggak kendala selama garap musiknya mengingat sikonnya berbeda (di masa pandemi corona)?

Proses rekaman dari rumah masing-masing yang seringkali bikin gemas, karena workshop lagu sebelumnya selalu jamming di studio. Jadi saat membahas aransemen, kita meresponnya kirim-kiriman data. Tapi seru juga karena ini pertama kali kami lakukan.

Ceritakan sudah sampai mana proses penggarapan mini album Setara?

Mini album Setara akan berisi 4 lagu, per hari ini (2/6) tinggal & sedang merekam suara latar untuk 1 lagu bersama Bonita (BNTH) & Lyta (Soulfood), setelahnya masuk proses mixing & mastering. Paling lambat akhir Juni sudah rilis.

suasana rekaman DDH / dok. DDH

Apa yang berbeda dari album-album sebelumnya, mengenai tema besar dan eksplorasi musiknya?

Tema besarnya, mungkin lebih pergulatan manusia menghadapi pandemi global, dengan segala tumpang tindih kebijakan yang secara filosofi menggugah tiap kelompok manusia membantu kelompok lainnya, jadi mini album ini dibuat atas situasi Indonesia-dunia keseluruhan. Dan tentunya ruh dari sebuah musik folk atau seniman secara garis besar adalah merespon atau memaksimalkan sensitivitas sosial kita untuk melihat jelas apa yg terjadi dilingkungan kita. Eksplorasinya, kita selalu bebas mengasah diri, mencoba hal baru. Dan kebetulan saja Pohon Tua menggunakan kembali Electric gitarnya, jadi mungkin suasana berubah, tapi kami yakin blueprint yang kami pegang sejak lama masih tetap sediakala.

Pamungkas

Pamungkas di studio pribadinya

Ceritakan sudah sampai mana proses penggarapan album baru Solipsism?

Sebenernya udah selesai tapi sekarang lagi re-mastering entah karena insecure, deg-degan mau rilis atau memang belum maksimal. Ok, jadi gue sewa apartment bulan November tahun lalu untuk dijadikan studio dan kamar gue selama 6 bulan buat rekaman Solipsism (judul album-red) karena Solipsism kan artinya menurut google tuh kan adalah an idea that only exist in one mind & only that person who understands — makanya gue bener-bener kondisikan diri sendiri untuk isolasi just to be able to really think my own thoughts to feel my own feelings, karena majority of the songs di selesaikan penulisannya di kamar apartment itu. Yaaa, ala ala gitu sih tapi tujuannya adalah gue emang pengen bener-bener fokus di album ini, plus ngerjain album ini pas gue lagi skripsi, sidang dll kan. Jadi memang butuh tempat khusus untuk be in the zone and really focusing on producing the album.

Trus apa yang berbeda dari album-album sebelumnya, mengenai tema besar dan eksplorasi musiknya?

Di album ini ada 11 lagu dan semuanya lagu baru yg gue tulis 2019-2020 + justru di album ini gue gak mau ada tema. I want it to be about the music, at least thats the aim. I think ive had enough with thematic sort of album concept with WTT & Flying Solo. In Solipsism i really did explore with my vocal range and sounds too of course. Setelah tur bareng Petra dan Prince Husein tahun lalu 2019, gue belajar banyak banget tentang sound dari Petra dan vokal dari Prince plus gue juga beruntung bgt banget sepanggung sama banyak musisi lain kayak Reality Club, Kunto Aji, The Panturas, Vira Talisa, Sal Priadi, Barasuara, Nidji dll. Ngerasain juga main di festival besar jadi bisa ngulik banget. Gue sering banget perhatiin mereka dari belakang panggung sambil belajar hal-hal. I’m so lucky tho bisa bener-bener experiencing so many vibes from various artist from backstage, jadi emang kerasa banget beda kalo nonton dari depan panggung sama dari belakang. But then again, kalau ditanya apa yag beda — im trying my best to keeping it all about the music first and foremost. Hopefully people will get that.

2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] The SIGIT menutup bulan Juli 2020 dengan merilis single terbaru berjudul “Another Day” Jumat, 31 Juli 2020. Sebelumnya, Rekti pernah menginformasikan kepada Pop Hari Ini bahwa band sudah mengumpulkan materi lagu sejak tahun 2016-an.  […]

trackback

[…] Enam Musisi Ini Garap Album di Masa Pandemi Corona […]