Harmonisasi Earhouse Songwriting Club dengan Kamga dan Endah N Rhesa

Nov 5, 2021

Earhouse Songwriting Club, komunitas pencipta lagu yang digagas oleh Endah N Rhesa ini baru saja memberikan sebuah kabar terbarunya.

Kabar tersebut adalah hadirnya sebuah lagu yang berjudul “Planet Biru”. Tidak hanya itu, karena sang lagu juga memuat sebuah kolaborasi yang melibatkan Kamga (Hondo) sebagai penata musik serta pengarah vokal, dan juga Endah N Rhesa sendiri.

Masa vakum yang cukup lama dan dorongan dari komunitas untuk membuat sebuah lagu baru menjadi latar belakang hadirnya “Planet Biru” ini. Juga terselip sebuah cerita bagaimana para penulis di Earhouse Songwriting Club terinspirasi dari ragam film dokumenter yang membahas tentang lingkungan hidup dan berbagai sumber lainnya.

Mengenai kolaborasi bersama Kamga, Rhesa Aditya mengutarakan alasannya.

“Keputusan kami untuk melibatkan Kamga sebagai penata musik dan pengarah vokal karena ingin memberi pengalaman baru untuk komunitas ini”, sambut Rhesa.

Dirinya juga menambahkan, bahwa garis besar eksplorasi dan keluar dari zona nyaman juga menjadi satu alasannya.

“Biasanya mereka menulis lagu dengan instrumen gitar atau piano, bunyi yang akrab dengan telinga mereka. Sekarang mereka harus menciptakan lagu dengan aransemen elektronik. Ini membuktikan bahwa kita akan tetap bisa menulis lagu dengan musik pengiring apa pun”, tambahnya.

Dua belas nama dari Earhouse Songwriting Club menggarap lagunya. Mereka adalah Adam Maulana, Arya Sukrandhika Aji, Ashry Rizqan, Eqi Virgiawan, Indah Asri Ayu, Joshua Evanmannaim Akirafagan, Kinar Sekar Aruni, Muhammad Chairman S. Akbar, Muh. Fakhri Wibisono, Nadhira Noor, Rafiansyah Arya Anthony dan juga Kamga sendiri.

 

Bicara mengenai Earhouse Songwriting Club sendiri, komunitas pencipta lagu ini sudah berjalan sejak tahun 2014 lalu, bertempat di Earhouse Pamulang yang tiap minggunya selalu rutin melakukan pertemuan.

“Setiap minggu ada saja wajah-wajah baru muncul. Wajah lama juga ada yang bertahan bulanan, bahkan hingga tahunan. Mereka berkumpul dengan berbagai alasan. Ada yang memang ingin belajar menulis lagu, cari teman baru, motivasi berkarya setiap minggu dan alasan-alasan lainnya”, cerita Endah kepada Pophariini di beberapa waktu yang lalu.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

Teddy Adhitya Ciptakan Kapsul Waktu dalam Videoklip Kembalikanku

Teddy Adhitya kembali merilis videoklip baru dari album semua, semua. berjudul “Kembalikanku” via kanal YouTube teddyadhitya hari Jumat (23/02) menyusul perilisan videoklip “Seperti Setiap Hari” dan “Caraku, Caramu”.   Lagu “Kembalikanku” merupakan trek ke-6 …

Jangar Bawakan Ulang Lagu Iwan Fals di Album Mini Terbaru

Jangar merilis album mini terbaru berjudul Malam hari Jumat (23/02) dengan memasukkan dua single “Artileri” dan “Adiksi” yang rilis 2023 lalu ke dalam daftarnya. Album berisi total enam lagu ini juga menghadirkan satu lagu …