1544

Inilah Daftar Band Indonesia Berpengikut Terbanyak di Media Sosial

Band Indonesia
Berikut band berpengikut terbanyak di media sosial / foto: dok istimewa

Ternyata, diantara banyaknya hari-hari penting di Indonesia, salah satunya terdapat sebuah hari penting yang hubungannya sangat dekat dengan kehidupan kita. Dirayakan setiap tanggal 10 Juni, yaitu Hari Media Sosial Indonesia.

Jika kita bicara mengenai hingar-bingar kehidupan di media sosial, pasti tidak akan pernah ada ujungnya, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan.

Pada akhirnya, media sosial menjelma menjadi sebuah platform yang bisa digunakan oleh siapa saja, termasuk band dan musisi.

Meski belum sampai menjadi tolak ukur sebuah kesuksesan, pada akhirnya media sosial menjadi sesuatu yang wajib dalam menghiasi catatan perjalanan band. Tepatnya sebagai wadah berpromosi.

Jika dulu orang-orang perlu berlangganan atau membeli majalah cetak, sekarang band yang langsung menginformasikan apapun hanya dalam hitungan detik, menit, bahkan sejam kemudian. Meringankan sedikit tugas jurnalis.

Ingin mengenal lebih dekat para penggemarnya, bahkan bisa mendapatkan pendengar baru juga jadi alasan pentingnya media sosial untuk band.

Baca juga:  Koes Plus, Lima Dekade

Tak perlu menunggu berjuta malam agar disapa balik idola saat bertemu langsung, di media sosial, siapapun yang beruntung komentarnya pasti dibalas. Sebut saja keterikatan (engangement) ini yang membuat pengikut makin bertambah.

Kali ini demi membela keisengan, dua penulis kami Pohan dan Raka merangkum beberapa band lokal yang memiliki pengikut terbanyak di media sosial, dalam hal ini, Instagram. Hmm, siapa saja? Simak di bawah ini.

Selamat Hari Media Sosial!


1. NOAH (764 ribu pengikut di Instagram)

Noah
Noah / foto: dok. musica

Kualitas band fenomenal yang satu ini memang tak perlu diragukan lagi. Kami berani taruhan, setidaknya ada 5-6 lagu dari mereka yang pasti kalian hafal setiap bait dari liriknya. Lewatkan jika berbicara mengenai penghargaan yang pernah diraih mereka, karena itu bisa menjadi satu tulisan tersendiri.

Baca juga:  5 Video Musik Indonesia Pilihan Edy Khemod 'Seringai'

 

2. Sheila on 7 (685 ribu pengikut di Instagram)

Sheila on 7 / foto: sheilaon7.com

Di peringkat kedua band dengan pengikut instagram terbanyak ada Sheila on 7. Meski sudah menginjak umur ke-24, namun cah jogja ini masih terlihat aktif di beberapa panggung musik dalam beberapa waktu ke belakang. Bahkan, beberapa pensi SMA pun juga turut dimeriahkan oleh mereka. Sebuah fenomena yang menarik, mengingat bahwa karya-karya hits mereka lahir di tahun yang mungkin para anak SMA tersebut belum lahir. Album debut mereka, Self-Titled, menempati peringkat ke-33 dalam “The 150 Greatest Indonesian Albums of All Time” yang dipilih oleh Rolling Stone Indonesia.

 

3. Fourtwnty (632 ribu pengikut di Instagram)

Fourtwnty / dok. Fourtwnty

Baru-baru ini, Fourtwnty merayakan 10 tahun perjalanannya dengan merilis sebuah single berjudul “Nematomorpha”. Single tersebut pun juga hadir dalam format video klip yang sudah bisa disaksikan melalui YouTube mereka. Satu dekade merupakan waktu yang cukup panjang bagi sebuah band untuk tetap berjalan dan tentunya untuk tetap berkarya. Perjalanan menuju satu dekade juga bisa dianggap sebagai proses menuju kematangan, tentunya dengan pengertian ‘matang’ yang berbeda-beda.

Baca juga:  5 Lagu Pop Indonesia Pilihan Laze

 

 

4. SLANK (559 ribu pengikut di Instagram)

Slank / dok. Slank.com

Satu lagi nama senior yang menembus peringkat empat di artikel ini. Jika mengingat bahwa banyaknya jumlah penggemar mereka yang tergabung di bawah panji “Slankers”, maka rasanya 559 ribu pengikut di Instagram mereka bukanlah hal yang mengagetkan. Selama pandemi ini, SLANK turut mengadakan program donasi dengan tagar #SumbangSuara, sebuah kolaborasi bersama Yayasan Anak Bangsa Bisa yang juga didukung oleh Gojek dan Kitabisa.