282

May Day Bukan Sekadar Hari Buruh

Satu Mei adalah tanggal keramat bagi para buruh di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia, hari ini dirayakan oleh kaum buruh atau kelas pekerja. Hampir setiap tahunnya di hari itu, kita menemukan sekian ratus ribu buruh memadati setiap jalan utama di Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia untuk kembali mempertanyakan hak-hak yang belum mereka penuhi sebagai buruh dan kelas pekerja.  

Gitaris Trisno Agung dari grup band Innocenti merasakan meriahnya suasana setiap tanggal 1 Maret. Sejak 2013, ia masih ingat betul bagaimana ia dan teman-temannya ikut long march dari Bundaran HI sampai ke Istana, membaur bersama buruh sekaligus membagi-bagikan CD single mereka secara gratis beserta stiker yang berisi kutipan lirik dalam lagu mereka “Insan Loba”, lagu ciptaan Agung tentang unjuk keprihatinan mereka akan kaum buruh sekaligus menggambarkan pengalaman pribadinya.  

Pengalaman Agung seputar 1 Mei menarik perhatian kami untuk kemudian mengundangnya menulis soal memori enam tahun lalu di setiap tanggal 1 Mei. Cerita Agung sekaligus menjadi bukti hubungan yang erat antara musik dan May Day di sebagian skena musik di tanah air.  

Baca juga:  Ibu Kartini di Dekade Musik Indonesia