Mencari dan Menemukan Bersama UTBBYS

• May 13, 2021

Berdekatan dengan momen perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini, unit post-rock instrumental Under The Big Bright Yellow Sun (UTBBYS) merayakannya dengan melepas video musik dari nomor “Golden Day”.

Resmi dilepas pada hari Rabu (12/05) lalu, “Golden Day” menjadi cara bagi UTBBYS untuk menyampaikan sebuah pesan, yang beriringan dengan hadirnya momen perayaan hari raya Idul Fitri.

“Golden Day” sendiri pun sebenarnya adalah salah satu single dari UTBBYS yang sudah lama mereka rilis. Single ini sudah hadir sejak tahun 2010 lalu, yang juga hadir di dalam EP We Sit Under The Big Bright Yellow Sun In The Sparkle Afternoon.

Sebagaimana judulnya, “Golden Day” merupakan representasi hari keemasan bagi umat muslim dalam menyambut Idul Fitri di tahun ini. Juga disampaikan melalui video musiknya, dengan sebuah cerita seputar mencari dan menemukan, sebagai akhir dari sebuah kekosongan.

“Maksudnya, ‘Golden Day’ dirilis menuju hari lebaran, karena interpretasi dari kata golden day itu sendiri bahwa setiap orang, setiap masa, pasti memiliki hari penting (hari keemasan)”, tutur sang drummer (yang juga berperan sebagai editor dari video musik “Golden Days”), Harry ‘Koi’.

Kilas balik dari perjalanan UTBBYS, di tahun 2019 lalu mereka sempat menjajal dua buah kolaborasi yang sempat menjadi buah perbincangan. Yang pertama (19/02), adalah bagaimana mereka berkolaborasi dengan sesama band asal Bandung, HMGNC dalam sebuah pertunjukan bertajuk Post Electro.

“Kami percaya bahwa musik itu universal, bisa dikombinasikan dengan banyak hal. Tentu, gairah ini patut dirayakan dan tak ada yang lebih pantas untuk digelar lebih dari sebuah pesta”, sebagaimana yang mereka sampaikan di tahun 2019 lalu.

Juga bekerja sama dengan Uvisual, gelaran yang diselenggarakan di IFI Bandung ini menjadi saksi dari keduanya kala membawakan dua buah karya anyar hasil garapan bersama, yakni “Growing Apart” dan “The Pain of Missing You”.

Sementara itu, di penghujung tahun 2019 lalu UTBBYS berkolaborasi dengan Bottlesmoker dalam sebuah gelaran di Bandung. Penampilan keduanya masih bisa disaksikan ulang melalui kanal YouTube UTBBYS.

Segera menuju kanal YouTube dari UTBBYS untuk menyaksikan video musik terbaru mereka, “Golden Day”.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

SIVIA Merilis Lagu Hening dalam “Serene”

Memasuki pertengahan bulan keenam, SIVIA kembali hadir dengan single terbarunya, “Serene”. Ini merupakan single kedua menuju peluncuran mini album yang akan datang, setelah dibuka nomor pertama “Are You My Valentine?” pada Februari 2021 lalu. …

Perjalanan Panjang Basboi dalam Album Debutnya

Setelah melalui rangkaian single-single yang dilepas secara eceran di beberapa waktu ke belakang, akhirnya Basboi resmi menutup rangkaian tersebut dengan album debutnya, Adulting For Dummies. Resmi dilepas pada hari Jumat (18/06) ini, Basboi menyuguhkan …