Musisi Legenda Oding Nasution Meninggal Dunia

• Feb 28, 2020
Oding Nasution

Awan duka kembali menyelimuti dunia musik Tanah Air. Salah satu musisi senior, Aumar Naudin Nasution atau yang lebih dikenal Oding Nasution meninggal dunia pada Kamis (27/2/2020) malam lalu, tepatnya jam 20.00 WIB.

Kabar meninggalnya Oding Nasution ini pertama kali diungkap oleh pengamat musik Stanley Tulung lewat akun Facebook-nya.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah Ayah kami Aumar Naulia Nasution di RSUP Fatmawati pada Kamis malam. Selamat jalan Bang Oding, terima kasih memori baiknya selama ini,” tulis Stanley Tulung.

Dari berita yang telah marak beredar di media, Oding Nasution meninggal dunia di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, pada Kamis lalu. Menurut informasi, almarhum Oding Nasution meninggal dunia karena kompilasi penyakit ginjal dan penyakit lainnya.

Di dunia musik tanah air, almarhum Oding Nasution dikenal sebagai seorang gitaris yang pernah memperkuat beberapa band. Yang terkenal adalah Gypsy band (yang kemudian berkembang menjadi Guruh Gypsy) dimana Oding bermain bersama ketiga saudaranya, Keenan Nasution dan Gauri Nasution, dan almarhum Debby Nasution.

Oding Nasution, kedua dari kiri duduk, Guruh Gypsy Foto: https://dennysakrie63.wordpress.com/

Lepas dari Guruh Gypsy, Oding Nasution pernah memperkuat band-band legendaris lainnya seperti God Bless (ia gitaris sebelum Ian Antono), Gang Pegangsaan, Cockpit dan Prambors Band.

Sejumlah musisi tanah air ikut berduka atas kepergian Oding Nasution. Lewat akun instagramnya, drummer Gilang Ramadhan menuliskan rasa dukanya atas kepergian almarhum. Ia juga menaruh foto dirinya bersama almarhum ketika tergabung dalam Exit Band.

https://www.instagram.com/p/B9Eth66p4Xg/

Armand Maulana juga adalah satu dari musisi yang berduka atas kepergian almarhum Oding Nasution. Lewat akun instagramnya, vokalis band GIGI ini pernah diajak almarhum menjadi bagian dari Next band menggantikan Freddy Tamaela, vokalis lama band ini.

https://www.instagram.com/p/B9Ez9CcnT76/

Senada dengan Armand, eks gitaris GIGI, Baron juga merasa kehilangan atas kepergian Oding Nasution. Beliau menyebut almarhum dengan sebutan “Pahlawan gitar Indonesia”  dengan membeberkan sejarah bermusik dari almarhum.

https://www.instagram.com/p/B9GHFX4B_YH/

_____

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] dunia musik tanah air, almarhum Oding Nasution dikenal sebagai seorang gitaris yang pernah memperkuat beberapa band. Diantaranya adalah Gypsy […]

Eksplor konten lain Pophariini

PHI Tips: Memilih ‘Abang-abangan’ Skena Panutan

Sosok abang-abangan skena penting untuk kehidupan bermusikmu. PHI Tips kali ini membantu kalian memilih kriteria abang-abangan skena yang bisa jadi panutan. 

PHI Eksklusif Mempersembahkan: TADI IKS Live Session

TADI adalah duo musik ambisius dari Indonesia yang membuat musik mereka dengan bereksperimen dengan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari personilnya. Paparan yang beragam terhadap seni dan budaya memicu pikiran kreatif mereka, mulai dari perancang busana seperti Fujiwara Hiroshi hingga band jazz eksperimental seperti Hiatus Kaiyote.