Percuma Didengerin Kalau Gak Dilakuin

Nov 25, 2021

 


Walau isu kesadaran terhadap lingkungan sedang marak-maraknya selama dua dekade terakhir dengan pergerakan menuju hidup yang lebih sustainable. Pembahasan dan upaya preservasi alam merupakan sebuah topik yang sudah menjadi sorotan sejak meluasnya proses industrialisasi. Dan tentu tidak heran lagi, yang menjadi salah satu promotor garis depannya kepada publik merupakan para seniman; dari penulis, pemeran film, hingga tentunya para musisi.

Musik merupakan bagian penting dari pergerakan kesadaran lingkungan selama beberapa dekade. Walau mungkin enggak selalu menjadi highlight dari pesan seorang musisi, sudah banyak dari mereka mendedikasikan karyanya sebagai kendaraan pesan anti nyampah. Dari musisi yang terang-terangan menjadi aktivis lingkungan atau bahkan dari figur-figur yang tanpa kita sadari ternyata telah merilis lagu-lagu tentang lingkungan.

Dalam era dimana sustainability telah menjadi bahasan yang awam di mulut publik, banyak yang telah mengusung pesan ini. Namun nyatanya fenomena ini malah maraknya sejak pertengahan abad ke-20. Bawaan kultur perlawanan di era tersebut membawa kesadaran tentang alam menjadi topik pembahasan populer di setelah era emas industrialisasi. Dimana orang mulai menyadari bahwa ada sisi buruk dari berubahnya dunia mereka dengan bertambahnya polusi dan degradasi alam.

Melihat animo yang meningkat sekarang terhadap kesadaran lingkungan di era sekarang, kami merekomendasikan sejumlah lagu yang secara terang-terangan atau bahkan secara samar membahas topik sustainability dalam bentuk lagu-lagu ini.


Childish Gambino – Feels Like Summer

Walau lagu ini terdengar seperti sebuah anthem musim panas yang chill, aslinya melalui penggunaan makna dobel rapper ini membahas dampaknya perubahan dunia karena perubahan iklim. Ia membahas sejumlah fenomena yang terjadi karena proses ini, baik pemanasan global, kasus binatang-binatang yang diambang kepunahan, dan kurangnya air di banyak daerah di seluruh dunia.

 

Jack Johnson – The 3R’s

Sebagai figur ikonik yang terkenal dengan vibe-nya yang bertema musik pantai. Jack Johnson kerap mengusung sejumlah pesan keindahan alam selama karirnya, Namun pada rilisannya yang ini, musisi acoustic ini membawa pesan penting mengenai recycling. Menggunakan gaya liriknya yang playful, ia mengingatkan para pendengar untuk anti nyampah.

 

Jamiroquai – When You Gonna Learn

Walaupun tema utama lagu ini merupakan kesadaran tentang lingkungan, mungkin jika diperhatikan pertama kali tidak secara gamblang disampaikan. Rilisan oleh band acid-jazz ini membahas kaitan penting antara lingkungan dan perkembangan peradaban. Menganalogikan sejumlah tema dari rusaknya lautan hingga menghilangnya kepentingan alam bagi manusia.

 

Naif – Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia Yang Ada Di Seluruh Dunia

Mungkin band ini tidak terlalu identik sebagai pengusung pesan sustainability. Namun lagu rilisan ini merupakan pesan pengingat kesadaran lingkungan yang menonjolkan degradasi alam di era sekarang, Lagu dengan gaya surf rock ini membahas secara gamblang perubahan jaman yang mengharuskannya orang-orang mulai peduli mengenai bumi.

Musik merupakan bagian penting dari upaya kesadaran mengenai anti nyampah. Baik dari era hippie movement hingga sustainability movement yang lebih kontemporer, pesan-pesan yang disampaikan para musisi tentu selalu menjadi topik hangat.


 

Penulis
editorial
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Laidthis Nite Kembali dengan “It’s Gonna Be Alright”

Sembilan bulan setelah “LoveLight” diperdengarkan, Laidthis Nite kembali dengan single baru tentang hasrat dalam judul “It’s Gonna Be Alright” (12/11).

Menakar Hak Pencipta Lagu

Sebelum bicara hak pencipta lagu mari bicara soal ini. Sebagian besar musisi indie sudah mengerjakan apa yang umumnya label rekaman lakukan pada umumnya. Yaitu merekam lagunya melalui perangkat sendiri tanpa harus diberi modal besar …