PHI Tips: Bikin Kenangan Tanpa Jadi Sembarangan

Nov 5, 2021

Tips Nonton Konser Tanpa Nyampah

Sebuah fakta yang sebenarnya tak lagi mengejutkan, bahwa jumlah produksi sampah nasional pada tahun 2020 telah mencapai 67,8 juta ton. Hal ini diakui langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Jumlah tersebut mengkhawatirkan tentang bagaimana dampak buruk bagi kehidupan manusia. Beberapa cara tetap bisa dilakukan untuk mendukung kampanye yang berkaitan dengan pengelolaan sampah.

Sampah tidak bisa dihindari dalam keseharian kita semua. Namun, kita bisa mencoba hal yang paling sederhana dari ruang yang biasa dikunjungi sebagai penikmat musik, yaitu konser. Inilah tips nonton konser tanpa nyampah.


1. Bawa tas jinjing, alat makan dan minum sendiri.

Tas jinjing bisa digunakan untuk menyimpan peralatan makan dan minum, serta berfungsi sebagai wadah penyimpanan sampah kering. Sedikit repot namun cara ini bisa mengurangi dosa baru karena membuang sampah yang sulit didaur ulang.

 

2. Makan dan minum di tempat, tidak membungkusnya.

Hal ini memang jarang terjadi di tempat konser kebanyakan karena biasanya pihak penjual hanya menyiapkan wadah makan dan minum sekali pakai. Tidak ada salahnya berharap sesuatu yang lebih baik.

 

3. Datang ke konser yang peduli sama pengolahan sampah.

Kenapa kita memilih untuk datang ke konser yang seperti ini? Karena kita yang sering menciptakan sampah otomatis sudah mendukung kampanye tentang pengolahan sampah.

 

4. Gunakan jas hujan yang reusable.

Jas hujan barang yang wajib dipersiapkan ketika mendatangi konser. Baik konser di luar ruangan maupun di dalam ruangan untuk jaga-jaga kena hujan di perjalanan. Jas ujan yang reuseable adalah pilihan terbaik agar tidak nyampah.

 

5. Tidak mencetak tiket konser.

Tiket konser yang dicetak bisa jadi barang nostalgia di kemudian hari. Tapi untuk mendukung kampanye anti nyampah, pihak penyelenggara bisa menyiapkan barcode sebagai tanda masuk.

Selama penonton konser memiliki kesadaran bikin kenangan tanpa jadi sembarangan. Bukan sesuatu yang mustahil untuk bisa mempersiapkan dan melakukan tips di atas. Anti nyampah merupakan momen terbaik yang bisa dilakukan setiap penonton demi kesuksesan sebuah acara yang sesungguhnya.

 

Ilustrasi oleh Surya Fikri (@kuyasunda).


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Rekomendasi: Dinamika – Bangkutaman

Menariknya di album Dinamika ini dengan masih mengusung musik retro folk rock, Acum dkk. terlihat tidak kehabisan bahan bakar dan justru terdengar fresh.

Jambi: Di Bawah Radar Musik Arus Utama, dan Independen

Sepertinya bukan rahasia umum bahwa Jambi tidak pernah masuk di radar skena musik, terlebih musik independen.