PHI TIPS: Bikin Tur Hemat ke Luar Negeri

Nov 30, 2022

Tips kali ini adalah tips lanjutan untuk kalian yang sudah mengaplikasikan tips tentang bagaimana caranya membuat tur mandiri, jika kalian belum baca baiknya baca dulu di sini.

Oke, tur ke luar negeri pada dasarnya enggak jauh beda dengan tur lintas kota di dalam negeri. Semua tur pasti butuh hemat agar tur bisa lancar dan enggak nombok. Bedanya paling kalau tur ke luar negeri karena jauh, jadi butuh pertimbangan dan penyusunan budget yang matang.

Memang sih, kalian bisa dapet fee dari tiap venue yang kalian datangi saat tur, itu umumnya didapatkan dari potongan tiket masuk saat kalian manggung. Kalau dapat, paling nggak, lumayan untuk nambah-nambah budget hidup selama di negara tujuan.

Tapi, nggak semua venue seperti itu. Ada yang cuma menyediakan venue saja tapi enggak mau ngasih fee ke artist-nya, itu sering terjadi. So, itu berarti hemat tetap harus menjadi pertimbangan utama dari setiap tur, terlebih ke luar negeri.

Nah, PHI Tips kali ini bakal mengupas satu per satu gimana cara bikin tur hemat ke luar negeri. Simak ya.


Pesawat jadi masalah buat anak band yang mau tur ke luar negeri. Yang pastinya sebelum membeli tiket, kita sudah make sure kota-kota dan titik-titik mana di satu negara tujuan kita tur nanti. Once itu sudah confirm dari pihak EO di sana, baiknya kita bisa langsung beli tiket pesawat, ini buat menghindar dari melambungnya harga tiket jika belinya mepet.

Bagasi adalah problem klasik anak band yang tur ke luar negeri. Kadang ini jadi hal yang sering diabaikan, bawa alat banyak, ternyata kena charge bagasi, jadinya malah mahal. Nah, buat menghindarinya, kalian bisa timbang semua barang yang mau kalian bawa di rumah, lalu disesuaikan dengan kriteria maskapai yang kamu pilih.

Google Maps memudahkan kita untuk tahu hostel atau penginapan-penginapan yang murah di tiap sudut kota tempat kita manggung tur nanti. Ada baiknya sebelum jalan, kita booking dahulu agar pada saat sampai kita tidak perlu repot menunggu. Dan, agar hemat pastikan hostel dan penginapan agar dekat dengan venue dan stasiun/fasilitas kendaraan umum, agar selain mudah kemana-mana dan menghemat waktu dan ongkos juga.

Di negara-negara Asia seperti Singapura, Jepang, dll selalu ada convenience store yang bisa diandalkan buat pilih makan sehari-hari dengan harga murah. Ada menu-menu nasi atau burger/sandwich yang lebih murah dibandingkan restoran cepat saji. Ini bisa kalian andalkan sebagai alternatif makan yang hemat budget. Namun kalau mau super hemat sih sebetulnya lebih enak masak sendiri, ini bakal memangkas semua pengeluaran makanmu saat tur.

Namanya tur di luar negeri ya pasti ada waktu buat jalan-jalan, belanja, dsb. Namun ingat, tugas utama kalian itu buat tur, bukan turis, so hemat-hemat lah dalam pengeluaran. Kalau perlu, pisahin antara anggaran sehari-hari dan bikin anggaran khusus buat beli kebutuhan lainnya.


Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; redaktur pelaksana di Pophariini, penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat beberapa album.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Foreseen Rilis Album Perdana, Suspended Reality

Foreseen juga menampilkan dua kolaborator untuk mengisi beberapa bagian lagu, mereka adalah Gabriela Fernandez dan Endro Trilaksono.

Akhiri Masa Vakum, Sheila Anandara Rilis Single Terbaru

Terakhir merilis single “Kereta” dua tahun silam, kini Sheila Anandara kembali dengan tembang berjudul “Menunda Luka” yang dilepasnya hari ini (27/01).