354

Sebuah Normal Baru yang Abu-Abu

Musisi Indonesia
Musisi-musisi ini kangen banget manggung / foto: istimewa

Tak ada cerita ‘itu dia jodohku, wanita cantik yang kulihat di konser Dewa 19’ tatkala semua orang (termasuk calon jodoh yang cantik itu) ‘bersembunyi’ di balik masker yang mungkin sudah dipakai berulang kali.

Saya kok jadi berpikir mungkin nantinya akan ada aturan bagi para penampil di konser/festival musik paska pelonggaran PSBB: Semua artis diwajibkan untuk menghimbau penonton untuk berdiri berjarak, dilarang pegangan tangan, dilarang pelukan, simbol-simbol kasual nan hangat yang dulu mereka sanjung-sanjung tatkala melantunkan lagu cinta, ah apakah si artis bakal tega, atau ya demi aturan biar dapet duit sih mungkin fine-fine aja. Entahlah.

Pada akhirnya, normal yang baru menawarkan sebuah normal baru yang penuh dengan kepura-puraan, dibuat-buat: konser yang dibuat-buat, senyum yang dibuat-buat, tertawa yang dibuat-buat, sebuah tampilan yang plastik, bukan sesungguhnya. Dan itu persis yang akan dan harus kita terima akibat semua yang masih belum tahu, belum pasti, belum merah, kuning atau hijau, masing abu-abu.

Baca juga:  Pamungkas - Solipsism

Selamat datang normal yang baru, normal yang abu-abu.

_____