829

5 Bakat Baru di Skena Penyanyi Perempuan 90s Soul/R&B Indonesia

Yang mana penyanyi R&B favorit kamu? / dok. istimewa

Sadar atau tidak, akhir-akhir ini ada satu dua bahkan lebih biduan R&B baru yang muncul di peta musik tanah air. Mereka hadir dengan beragam gaya namun di luar itu ada kesamaan yang unik: mereka mengenang musik soul, R&B 90-an.

Buat anda yang besar di tahun 90an, musik vokal cewek R&B mungkin terdengar akrab ketika TLC, Aaliyah, Salt N Pepa sampai Utada Hikaru wara-wiri di tayangan MTV dari pagi sampai malam. Ketika kaum adam merasa terwakilkan dengan munculnya alternative rock, kaum hawa merasa menemukan ‘suara’ dan ‘ikon’ nya lewat musisi/penyanyi-penyanyi cewek yang saya sebutkan tadi. Ini kemudian juga berpengaruh terhadap gaya dandanan dan lainnya.

Dan seperti biasa, sebagai ekses dari naiknya arus female R&B di industri musik barat, ekspresi-ekspresi serupa muncul di tanah air, sebut saja lewat eksponen macam Denada, Dewi Sandra, Sania, Reza Artamevia dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Bidadari-Bidadari Merdu Bergitar

Meski demikian, sayangnya tren R&B cewek ini tak bertahan lama, banyak penyanyi yang saya sebutkan sebelumnya di atas yang kemudian tak bisa mempertahankan konsistensi mereka. Menginjak milenium, the so-called ‘skena’ penyanyi cewek R&B seakan pudar. Ya meskipun ada satu dua artis yang muncul saat itu seperti Ecoutez (masih dengan vokalis mereka Della) serta Agnez Monica, misalnya namun nampaknya ia seperti berjuang sendirian. Sekian tahun sejak milenium, saya hampir tak mendengar suara-suara R&B itu melekat di telinga saya.

Tidak sampai ketika sesuatu terjadi di tahun 2014. Pertama, di bulan Agustus adalah ketika penyanyi Rinni Wulandari, pemenang Idol season 4 tahun 2007 merilis videoklip single “Oh Baby” di Youtube. Kedua, bulan Desember di tahun yang sama ketika penyanyi baru saat itu, Isyana Saravati merilis single debutnya “Keep Being You” di bawah Sony Music Indonesia. Secara pola dan musik mereka, gaya musik R&B 90-an kembali terdengar.

Baca juga:  Album Indonesia Terbaik Di Kuartal Pertama 2019

Di mainstream hari ini, selain Isyana Saravati yang kian melejit, nama Marion Jola memberikan kontribusi banyak untuk tumbuhnya kembali nuansa 90s R&B dengan beberapa single hitnya (terutama “So In Love”).

Saya tidak tahu apakah ini ada hubungannya dengan ‘acara mengenang 90-an’ yang kian marak pada beberapa tahun terakhir, namun pelan tapi pasti, ada banyak penyanyi lain yang muncul membawa estetika R&B 90-an dalam musiknya. Ada yang sekadar suara atau memang sampai aransemen musik yang dibuat sama persis. PHI memilihkan 5 diantaranya.

Niki

Niki / dok. Getty Images / daniel boczarski

Akhir 2018 lalu, platform media dan gaya hidup di Amerika, Complex memasukkan nama Niki Zefanya ke dalam daftar musisi terbaik 2018 bersama nama-nama musisi di Amerika lainnya. Penyanyi bernama lengkap Nicole Zefanya ini lahir dan besar di Jakarta ini awalnya sering memposting lagu-lagu cover R&B dan pop di kanal Youtubenya.

Baca juga:  Album yang Mengubah Hidup: Rekti Yoewono ‘The SIGIT’ 

Kepindahannya ke negeri Paman Sam membuat dirinya menemukan warnanya sendiri. Sembari belajar musik di Nashville, Tennesee, Niki membuat beberapa lagu yang kemudian membuatnya dikontrak oleh 88rising, manajemen artist asal New York telah mempopulerkan Rich Brian. Suara khas 90s R&B di lagu-lagu macam “I LIKE U” dan “See U Never” membuat namanya mendunia.

Sade Susanto

Sade Susanto / dok. instagram Sade Susanto

Bukan sembarangan ketika kami memasukan Checkpoint, album debut dari dara asal Semarang ini dalam deretan album terbaik di tahun 2018.