5 Bakat Baru di Skena Penyanyi Perempuan 90s Soul/R&B Indonesia

5730

Suara R&B khas Sade Susanto menjadi paket yang baik ketika Penyanyi R&B yang punya wajah chubby asal Yogyakarta ini digaet oleh manajemen/kolektif musik asal Semarang, Hills Collective yang memang berfokus pada genre tersebut.

RL + KLAV

RL+Klav / dok. RL+Klav

Saya tidak tahu kapan persisnya saya menonton RL + KLAV secara random dalam sebuah acara musik, namun kali pertama saya nonton, saya langsung terkesan dengan paket pertunjukan yang dibawa mereka.

Keshia Aita a.k.a. KLAV, cewek multi-instrumentalis sekaligus produser musik dan RL (Rhythmical Language / Rizkia Larasati) perempuan yang kerap memproduksi karya musik sejak 2014 melalui Soundcloud. Nuansa vokal cewek R&B 90-an langsung terasa ketika saya mendengar single mereka, “Lover” yang menambah satu lagi daftar musisi cewek R&B 90-an pihan saya.

Carmeitta

Bakat alami mungkin adalah deskripsi yang tepat untuk menggambarkan kekuatan dari vokal cewek yang aslinya adalah fotografer ini. “Daydreaming”, debut singlenya memang banyak mengandung muatan nu-soul/R&B 90-an yang khas. Plus, gaya tarikan vokal Carmeitta sendiri memang mencerminkan suasana tersebut.

Saya tak tahu dengan anda tapi saya sangat termanjakan oleh hook dan kekuatan melodi-melodi yang ada di lagu ini. Kita tunggu saja kiprah penyanyi dengan bakat alami ini ke depannya.

Mira Jasmine

Mira Jasmine / dok. @mirajasminee (instagram)

Tak ada informasi cukup tentang Mira Jasmine selain dari suara 90-an R&B yang kental di single kolaborasinya bersama Kayman, produser asal Jakarta bertajuk “Looking For” yang kini sudah bisa didengar di layanan streaming.

Nampaknya, Pon Your Tone, label bentukan Dipha Barus ini tengah mempersiapkan sesuatu buat Mira Jasmine di kemudian hari.

 

_______