Enam Musisi Ini Garap Album di Masa Pandemi Corona

1718
WSATCC in the studio /dok. Keke Tumbuan

Kapan target rilis albumnya sudah bisa dibocorkan judul serta berapa lagu?

Semoga akhir September sampai Oktober, karena biasanya kita agak lama untuk menyiapkan artwork cover album, judul album masih belum bisa gue sebut tapi mungkin akan ada 11 lagu.

vokalis Aprilia Apsari take vokal / dok. Agung Hartamurti

Siapa atau apa yang menjadi inspirasi dalam penggarapan musik kali ini?

Gak jauh-jauh paling keluarga tercinta (anak, orang tua kami), kota jakarta, teman, masakan tradisional dan keadaan sekarang.

WSATCC /dok. Agung Hartamurti

Ada nggak kendala selama garap musiknya mengingat sikonnya berbeda (di masa pandemi corona)?

Karena kebetulan proses produksi dilakukan sebelum corona, palingan hanya sesi yang tadi saya sebutkan diatas (mixing/mastering, artwork album, produksi rilisan fisik) yang terhambat karena corona. Masalah waktu masing-masing personil yang agak sulit, tapi ketika kita ketemu kesulitan itu seperti gak ada sama sekali. Semua berjalan natural dan santai banget.

 

HEALS 

Heals in the studio / dok. Vando

Gimana proses rekaman musik Heals, single atau album kah?

Alyuadi: Prosesnya menarik, banyak menemukan kejutan, hal-hal yang kami tidak sangka sebelumnya ternyata bisa terjadi. Beberapa lagunya sudah masuk proses post-production. Yes both single and album

Eca: Saat ini kami lagi ngerjain album, dan single juga tentunya. Prosesnya lebih seru dan menantang sih soalnya banyak kejadian diluar dugaan, salah satunya kalo dari faktor eksternal sih kejadian pandemik covid-19 yang bikin kita bekerja dan berfikir lebih keras untuk bisa survive dan produktif selama masa pandemi tersebut.

Octavia: Prosesnya banyak mengenalkan kami pada hal yang baru. Mulai dari cara memainkan instrumen masing-masing, cara rekaman hingga ganti-ganti metode rekaman yang sering kami lakukan untuk menyelamatkan waktu. Single, album & sisanya gatau mungkin akan jadikan hadiah quiz.

Rekaman Heals / dok. Vando

Nemu cara-cara ajaib apa selama rekaman?

Alyuadi: Banyak sekali kami menemukan kejutan yang tidak disangka, setiap materi yang baru kami kerjakan didalamnya pasti terdapat cara ajaib, but it will be called magic if it becomes a secret right?

Eca: Hmmm kalo cara ajaib selama rekaman sih kayanya Aldi dan Pia sekarang jadi lebih ngulik alat rekam biar kita bisa ngerekam di tempat masing masing, setidaknya bisa mempersiapkan/mematangkan materi dulu sebelum masuk studio rekaman yang “proper”.

Octavia: Ada lagu yang dibuat oleh masing-masing personil lalu didevelop lagi oleh yang lainnya, ada yang spontan dan ada juga yang terima jadi. Hasilnya bener-bener surprising.

Take vokal rame-rame / dok. Vando

Kira-kira ngomongin apa lagu/album barunya Heals?

Alyuadi: Sejauh ini saya memiliki kecenderungan menulis sekitar “tenggelamnya diri yang dikonversi menjadi sebuah penyelaman”, atau menghilang kedalam suatu entitas yang mungkin lebih baik, sisanya beragam, kadang nyasar juga, tapi kali ini lebih banyak dan berani untuk menuliskan pengalaman/perasaan personal dibanding sebelumnya yang lebih banyak merekayasa cerita

Eca: kalo aku sih secara garis besarnya nulis lagu untuk album sekarang mood nya lebih ke arah sesuatu yang berbau flirty, nakal, dan bergairah. Akwoakwoak

Octavia: Ada juga lagu dengan judul yang spontan. Tanpa berpikir, selewat di kepala dan langsung ketik.

2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] The SIGIT menutup bulan Juli 2020 dengan merilis single terbaru berjudul “Another Day” Jumat, 31 Juli 2020. Sebelumnya, Rekti pernah menginformasikan kepada Pop Hari Ini bahwa band sudah mengumpulkan materi lagu sejak tahun 2016-an.  […]

trackback

[…] Enam Musisi Ini Garap Album di Masa Pandemi Corona […]