896

Inilah Jadwal Pertunjukan Musik Hingga November Mendatang

Festival
Deretan festival dan konser tunggal banyak terjadwal dari Agustus sampai akhir Tahun

Tentu saja kalian masih ingat dengan yang satu ini. Pada pertengahan Maret lalu, tak lama setelah Presiden Jokowi mengumumkan 2 Warga Negara Indonesia yang positif COVID-19, beberapa pertunjukan musik pun diinfokan diundur atau bahkan dibatalkan. Hal tersebut semata-mata merupakan bentuk upaya preventif menahan laju penyebaran virus ini.

Andai dikulik lebih dalam, diundur dan bahkan batalnya gelaran-gelaran tersebut pun juga karena ditangguhkannya izin dari pemerintah untuk mengadakan keramaian, yang tujuannya adalah bentuk upaya preventif yang telah disebut sebelumnya.

“Melaksanakan penghentian sementara layanan perizinan dan non-perizinan secara manual dan elektronik yang terkait penyelenggaraan kegiatan atau acara (event) yang menimbulkan pengumpulan banyak orang”, sebagaimana yang dikutip dari instruksi Kepada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Daerah Ibukota Jakarta, Maret silam.

Kami sempat merangkum beberapa festival yang terpaksa diundur dan bahkan batal di artikel berikut ini

Buntut Virus Corona, Beberapa Festival Musik Lokal ini Diundur

Selama bulan Mei ini berlangsung, beberapa nama diatas dikabarkan bahwa sudah menetapkan tanggal terbaru untuk pelaksanaannya, beberapa nama diluar rangkuman tersebut juga nampak masih bertahan dengan tanggal awalnya. Berikut adalah beberapa diantaranya:

FLAVS (8-9 Agustus 2020)

Flavs Festival ,diundur sampai Agustus

Festival musik terbaru di Jakarta ini yang dibentuk dari kerjasama antara Visicita Network dan Dyandra Promosindo ini harusnya diadakan pada 4-5 April lalu. Namun, tanggal tersebut terpaksa diundur hingga ke 8-9 Agustus mendatang. Yang satu ini nampaknya menjadi sayang untuk dilewatkan, karena mereka memboyong beberapa nama internasional yang tidak main-main.

View this post on Instagram

Due to the increased awareness towards the risk of the Corona Virus (COVID-19) transmission across the region, we hereby officially declare that the FLAVS hip-hop, soul, and r&b festival, originally planned to take place on 4-5 April 2020, has been postponed. This decision is also based on Jakarta's Gubernatorial Instruction No. 16/2020, stating that there will be no crowd permits given for an indefinite time, until this risk starts to subside. Though we would want nothing more than to bring the best of hip-hop, soul, and r&b to you all this upcoming April, we along with all other stakeholders agree to prioritize the health and wellbeing of our ticket buyers, performers, crew, and committee members. However, in no way does this mean we are cancelling our event; FLAVS has already secured a new date, which is 8-9 August 2020 at Istora Senayan, Jakarta. All national and international performers have been informed of this postponement. To keep updated, stay tuned to our social media, because we have no intention of slowing down because of this minor setback. We cannot wait to meet you all at #FLAVS in August!

A post shared by FLAVS (@flavs.id) on

Azealia Banks, Tyga, Lil Pump, adalah 3 diantaranya yang akan ditemani oleh nama lokal seperti Ramengvrl, Saykoji, Mukarakat, Eyefeelsix, Maliq & D’Essentials, Jogja Hip Hop Foundation, Pon Your Tone Soundsystem, hingga Reza Artamevia dan Iwa K.

 

We The Fest 2020 (14-16 Agustus 2020)

We The Fest, juga diundur hingga Agustus

Salah satu festival musik terbesar di Indonesia ini juga nampak masih bertahan dengan tanggal awalnya, yakni pada 14 hingga 16 Agustus mendatang. Sebelum segala huru-hara pandemi ini muncul di Indonesia, We The Fest juga sudah mengumumkan deretan nama yang akan tampil pada tahun ini.

Dari nama-nama lokal, nampak Isyana Sarasvati, NAIF, Sheila On 7, The Changcuters, hingga Jason Ranti dan Gabber Modus Operandi. Sementara untuk international line-up, mereka membawa Clairo, Oh Wonder, Blackbear, Cheat Codes, dan beberapa nama lainnya.

 

Synchronize Fest 2020. (2-4 Oktober 2020)

Synchronize dijadwalkan Oktober 2020

Bagi banyak penggemar musik, gelaran ini ibaratkan sebuah liburan yang hukumnya wajib untuk dijalani setiap tahunnya. Bagaimana tidak, semenjak edisi perdananya di 2016 (setelah hiatus beberapa lama) hingga 2019 lalu, para concertgoers digempur oleh ratusan penampil selama 3 hari berturut-turut. Sama seperti We The Fest, Synchronize juga sudah menetapkan tanggal sejak awal, yakni pada awal Oktober mendatang (2 hingga 4 Oktober). Yang berbeda adalah, sampai saat ini pun mereka belum mengumumkan satu nama pun yang akan mengisi deretan line-up tahun ini.

“Tidak akan ada pengumuman line up artis #SynchronizeFest20. Nantikan pengumuman lengkapnya di tanggal 1 September 2020”, dikutip dari caption sebuah post di akun Instagram mereka.

 

Soundfest (29-30 Agustus 2020)

Diundur sampai akhir Agustus
Baca juga:  Apa Kata Mereka: Pandangan Musisi Terhadap Virus Corona