“Setengah Tahun Ini”, Hindia Resmi Akhiri Menari Dengan Bayangan

154
Hindia
Hindia resmi akhiri Menari Dengan Bayangan

Akhirnya, kita sampai di penghujung era album perdana Hindia yang bombastis ini. Semenjak Menari Dengan Bayangan resmi dilepas ke khalayak luas pada akhir November tahun lalu, tidak terhitung berapa banyak respon positif yang didapat oleh Hindia bersama dengan band pengiringnya Lomba Sihir, terkait dengan album perdananya ini.

Pop Hari Ini pun juga turut memberikan apresiasi positif untuk Menari Dengan Bayangan, bahkan kami tidak ragu untuk menempatkan album perdana Hindia tersebut di posisi kedua dari 10 Album Indonesia Terbaik 2019 Versi Pop Hari Ini.

Selama berjalannya tahun 2020 ini, sepertinya juga sudah menjadi ‘pengetahuan’ bersama bagi para penikmat musik lokal, bahwa jalan Hindia sempat menemui batu yang lumayan terjal ketika dirinya sempat ramai dibully netizen akibat muncul kembalinya penggalan-penggalan video dari interviewnya dalam beberapa tahun ke belakang.

Hindia
sampul single “Setengah Tahun Ini” milik Hindia

Selama rentang waktu tersebut pula, beberapa nomor dari Menari Dengan Bayangan hadir kembali dengan tampilan barunya. Sebut saja bagaimana “Secukupnya” mendapatkan sentuhan baru dari tangan terampil Dipha Barus, atau bagaimana hadirnya video musik dari “Rumah ke Rumah” dan “Evakuasi”, dan juga “Evaluasi” yang hadir dengan tampilan game  Animal Crossing yang menggemaskan itu.

15 Juli lalu, akhirnya kita sampai juga di penghujung era Menari Dengan Bayangan. Hindia resmi merilis “Setengah Tahun Ini”, sebuah single yang didapuk sebagai akhir dari era tersebut dan mungkin akan menjadi awal dari era baru yang akan datang.

“Setengah Tahun Ini” berisikan tema besar yang memang serupa dengan judulnya, membalut perjalanan Hindia selama periode setengah tahun ini.

Panggung pertama Hindia di WTF / foto Raka Dewangkara

“Awalnya, lagu ini ditulis sebagai sebuah karya responsif dalam melihat kejadian besar yang berlangsung selama setengah tahun 2020. Lagu ini kemudian malah merangkum apa yang saya rasakan secara sosial dan pribadi selama enam bulan ke belakang,” tutur Hindia dalam rilisan persnya.

Simak video musik dari “Setengah Tahun Ini” melalui tautan di bawah ini.

Karena memang single ini akhirnya diputuskan untuk menjadi akhir dari Menari Dengan Bayangan, maka jangan kaget ketika kalian menemukan penggalan lirik dari nomor-nomor di album tersebut dalam “Setengah Tahun Ini”. Nama-nama familiar yang turut andil dalam Menari Dengan Bayangan juga turut ambil peran kembali dalam single ini, sebut saja Rayhan Noor, Wisnu Ikhsantama dan Kunto Aji.

“Setengah Tahun Ini” dari Hindia sudah bisa didengarkan di berbagai layanan streaming musik yang tersedia.

Sementara itu, untuk kalian yang belum mendapatkan majalah PHI x Hindia, sudah bisa dibeli di toko Sun Dong Yang. Senin dan Jumat toko mereka buka, silakan klik di sini

_____