Ibu Penyanyi, Anaknya Pun Penyanyi

1972

Peribahasa “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” berlaku pada para penyanyi perempuan generasi muda ini. Dikaruniai bakat bernyanyi dari sang ibu, yang juga memang bersuara merdu dan berprofesi sebagai penyanyi. Sehingga selain sudah pasti tumbuh di lingkungan yang musikal, memperoleh arahan langsung dari ibu penyanyi profesional, pilihan karir mereka hampir pasti didukung penuh oleh sang ibu.

Berikut adalah para biduanita yang berkarir sebagai penyanyi dengan ibunya yang juga penyanyi. Ada dari mereka yang baru merilis singel, atau hanya mini album dan beberapa sudah merilis beberapa album. Hal yang sama juga dengan para ibunya, sang penyanyi senior. Ada yang sudah tidak aktif bernyanyi lagi, meski telah berilis banyak album; ada yang mendapat predikat diva/legenda dan telah merilis belasan/puluhan album; ada yang lebih aktif di balik layar namun punya beberapa album solo; ataupun yang hanya sekali merilis album. Berikut para ibu penyanyi yang memiliki anak putri yang memilih karir sama.

 

Stephanie Poetri dan Titi DJ

Stephanie Poetri dan sang ibu, Titi DJ / Dok. Istimewa

Penyanyi belia yang mendapatkan kesuksesan dari lagu “I Love You 3000” ini merupakan putri dari salah satu diva di Indonesia, Titi Dj. Sang ibu sendiri, Titi Dj adalah penyanyi yang besar di era 80-90an. Sepanjang karirnya telah memenangkan berbagai penghargaan, menelurkan belasan album, serta bermain di berbagai serial sinetron. Predikat diva ini didapat saat membentuk grup 3 Diva yang sukses, dengan kedua sahabatnya Kris Dayanti dan Ruth Sahanaya. Stephanie Poetri sendiri kini bergabung dengan manajemen 88rising di Los Angeles.

 

Danilla Riyadi dan Ika Ratih Poespa

Danilla Riyadi dan sang ibu, Ika Ratih Poespa / dok. istimewa

Kita semua pernah mendengar kalau si Jelita Poetri Riyadi ini lahir dari ibu yang merupakan penyanyi dan penulis lagu yang memulai karirnya di tahun 80an. Beliau juga sempat terlibat dalam pembuatan lagu, aransemen maupun mixing dan mastering, dengan nama besar seperti Peter F. Gontha, Dian Pramana Poetra dan Harvey Malaiholo. Sang ibu kemudian merilis dua album solo berjudul Explorasi di 2012 dan Sang Maha di 2013. Sementara kita tahu Danilla telah merilis dua album penuh, satu mini album serta membintangi beberapa film.

 

Eva Celia dan Sophia Latjuba

Eva Celia dan sang ibu, Sophia Latjuba / dok. istimewa

Eva Celia lahir dari pasangan seniman, maestro jazz Indra Lesmana, dan Sophia Latjuba. Mungkin banyak yang belum tahu kalau sang ibunda Sophie selain bintang iklan dan aktris juga adalah penyanyi yang telah merilis beberapa album solo di tahun 90an. Beberapa di antaranya memenangkan penghargaan BASF.Terakhir Sophia pernah berduet dengan almarhum Chrisye dalam lagu “Kangen” dan “Anggrek Bulan” pada tahun 2002. Eva Celia sendiri terakhir merilis singel C.H.R.I.S.Y.E bersama duo Diskoria. Setelah sebelumnya merilis album penuh And So It’s Begun di 2019 dan mini album Lifeline: An Introduction di 2019

 

Afifah Yusuf Hetty dan Koes Endang

Afifah Yusuf dan sang ibu, Hetty Koes Endang / dok. istimewa

Satu lagi nama besar penyanyi perempuan dalam musik Indonesia, Hetty Koes Endang. Aktif sejak tahun 70an, kemudian dikenal sebagai penyanyi pop, keroncong dan pop sunda hingga kini telah menelurkan puluhan lagu, Hetty tetap aktif bernyanyi. Sang putri Afifah yang mewarisi bakat bernyanyi dari ibunya kini terjun ke dalam dunia musik. Merilis beberapa singel, dan yang terbaru berkolaborasi dengan duo Diskoria merilis ulang lagu 70an yang bernuansa disko milik sang bunda yang berjudul “Pelangi Cinta”

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments