167

‘Menjadi Band Sepanjang Masa’ Bersama ERK, Elephant Kind dan .Feast

BISIK BISIK di Kios Ojo Keos, 27 Agustus 2019 / foto: Nino Nirmolo

Pada hari Selasa, 27 Agustus 2019 kemarin Pophariini dan Kios Ojo Keos mengadakan acara BISIK-BISIK (Bicara Musik Bisa Asik). Ini adalah acara dengan bintang tamu Efek Rumah Kaca, Elephant Kind, dan .Feast. Tidak disangka, antusiasme pengunjung yang ingin menonton di luar ekspektasi. Ratusan lebih penonton mengantri di luar untuk melihat acara yang belangsung.

Acara BISIK BISIK dimulai dengan talkshow bersama pembicara Cholil dari Efek Rumah Kaca dan Bam Mastro (Elephant Kind) yang dimoderatori Ryo Bodat dan Awan (.Feast) membahas tentang “Menjadi Band Sepanjang Masa”, yaitu membicarakan tentang bagaimana para musisi bisa mempertahankan sebuah band dengan berbagai tantangan yang ada.

‘Menjadi Band Sepanjang Masa’ ternyata bukanlah hal yang mudah apalagi dengan berbagai perubahan di industri musik tanah air. Konsistensi dari sebuah band untuk tetap bertahan adalah faktor penting. Sama halnya dengan sebuah festival musik yang mampu menaungi band-band berbakat untuk tetap berkarya. Festival musik sebesar Soundrenaline yang kini memasuki tahun ke-17 adalah salah satu ruang yang terus ada bagi para musisi tanah air untuk dapat memberikan semangat baru yang tidak pernah padam.

Baca juga:  Malam Ini! Showcase Mini Album Oslo Ibrahim
Sharing soal bagaimana menjadi band sepanjang masa di Kios Ojo Keos / foto: Nino Nirmolo

Para musisi yang hadir dalam BISIK-BISIK juga merupakan para penampil utama dalam gelaran Soundrenaline yang bertema ‘The Spirit of All Time’. Sangat pantas jika mereka masuk dalam line up Soundrenaline, karena selain karya yang menginspirasi, semangat mereka dalam berprogres juga sangat tinggi.

Bisa dilihat pada sesi talkshow, Bam Mastro menjelaskan bagaimana Elephant Kind mengalami pergantian jaman di dalam industri musik hingga era digital seperti sekarang. Selain itu, para moderator juga bertanya kepada Cholil bagaimana cara ERK untuk tetap berjalan sampai sekarang ketika sempat ditinggal Cholil untuk ke luar negeri. Penonton pun sangat antusias untuk menyimak penjelasan kedua narasumber soal musik dan eksistensi mereka.

Baca juga:  Bagaimana Musik Menyelamatkan Kita Semua
Bam Mastro menceritakan soal pengalaman bermusik Elephant Kind / foto: Nino Nirmolo

Baik Cholil dan Bam juga menyampaikan pandangan mereka soal band sepanjang masa dan bagaimana meraih status itu. Keduanya setuju jika tak ada tips untuk menjadi band sepanjang masa selain dari ketekunan dan kecintaan yang luar biasa akan musik dan karya yang mereka buat.

Pada kesempatan itu pula, baik Cholil, Bam, bahkan Bodat dan Awan juga mengungkapkan sedikit kejutan dari band masing-masing untuk penampilan mereka di Soundrenaline 2019 yang akan digelar 7-8 September 2019 di Garuda Wisnu Kencana, Bali. Itu berarti penonton malam itu beruntung bisa mendengar kejutan dari mereka berdua.

Para Pemandu kuis LO TAU GUE TAU di BISIK BISIK, Kios Ojo Keos, 27 Agustus / foto: Nino Nirmolo

Setelah talkshow, acara BISIK-BISIK dilanjutkan dengan GUE TAU LO TAU, ini adalah sebuah kompetisi perebutan skor yang terdiri dari tiga bagian: Tebak lagu, Tebak lirik dan Tebak musisi yang dimainkan oleh ERK dan .Feast serta dipandu oleh Kevin dan Bayu (Elephant Kind). Saat permainan ingin dimulai, Adnan dari .Feast secara sukarela bergabung bersama Kevin dan Bayu untuk ikut memandu acara.

Baca juga:  Simpati Musisi Atas Kepergian Dian Pramana Poetra
.FEAST serius mengikuti kuis yang diberikan pemandu / foto: Nino Nirmolo

Permainan dimainkan dengan mengajak satu fans untuk ikut bermain di tim masing-masing. Berbagai keseruan pun terjadi karena antusiasme tinggi dari kedua tim serta dari penonton yang ikut membantu idola mereka untuk menjawab pertanyaan. Setengah jam lebih berlangsung, akhirnya permainan ini dimenangkan oleh .Feast dan menandakan telah berakhirnya acara BISIK-BISIK ini.