Pangalo! Dan Katalog Funk Indonesia Yang Malu-Malu

Dec 7, 2018

Di tahun 1997 PAS band secara menarik menyisipkan funk kental ke dalam musik rock dan metal di album ke 3, IndieViduality. Bisa disimak lewat lagu “Anak Kali, Sekarang” yang jadi singel pertama mereka. Tahun 2000an musik funk Indonesia lebih berani menampakan giginya. Band funk/hip metal Funky Kopral dengan skill yang mumpuni bahkan berani mendeklarasikan diri secara terang-terangan lewat nama bandnya, dan melalui judul lagu dari album yang berjudul sama, “Funchopat” di 1999. Dirilis label besar, dengan promosi maksimal secara nasional dan penjualan menembus 100.000 kopi, band ini—terutama bassis Bondan Prakoso—akan selamanya identik dengan funk di Indonesia.

Di era 90an dalam musik pop juga mulai bermunculan singel pop funk yang manis dari band seperti Sinikini, Halmahera juga solois seperti Glenn Fredly dan Andre Hehanusa. Persis seperti yang terjadi di 80an, semua musisi menambahkan groove yang jadi elemen funk ke dalam musik pop mereka. Dan hal ini berlangsung terus hingga saat ini, sehingga kini dalam musik Indonesia bertaburan pop funk cantik yang nge-groove.

Funk 70an Indonesia

Bagaimana dengan funk di musik Indonesia era 70an? Perkenalan dengan piringan hitam membuat akses saya ke musik lama Indonesia terbuka lebar-lebar terutama katalog funk Indonesia. Plus beberapa kawan yang mendirikan situs pengarsipan musik Indonesia lama, Iramanusantara.org yang juga jadi tempat berdiskusi saya. Dan lalu saya menemukan kabar baik dan buruk.

Kabar baiknya hampir semua musisi Indonesia pernah memasukan unsur funk di lagunya. Dari band rock AKA, penyanyi Dedy Sutanzah, Benyamin S. dan Broery Marantika hingga pedangdut Rhoma Irama. Benyamin S. menyelipkan suara gitar dengan efek wah-wah dan dengan isian bass dengan drum yang sangat joget di lagu duet dengan Ida Royani, “Begini Begitu”.

https://youtu.be/8tzEZTKumNQ

Penyanyi pop Broery Marantika juga punya lagu “Alam Lepas” yang sarat bebunyian seksi tiup yang gagah bersahutan dan irama funk yang membuat badan bergoyang.

1
2
3
4
5
6
7
Penulis
Anto Arief
Suka membaca tentang musik, subkultur anak muda dan gemar menonton film. Pernah bermain gitar untuk Tulus nyaris sewindu, lalu bernyanyi dan bermain gitar untuk 70sOC.

Eksplor konten lain Pophariini

Virdania Melepas Video Musik “Door of Changes”

Virdania kembali dengan karya terbaru melalui peluncuran video musik single “Door of Changes” yang sudah bisa disaksikan melalui kanal YouTube Virdania.

16 Pertanyaan: Mezzaluna

Mezzaluna tak main-main berkarier di musik. Bukan sekadar untuk menjadi terkenal. Kami mencoba untuk mengenal Mezzaluna lewat rubrik 16 Pertanyaan.