Pangalo! Dan Katalog Funk Indonesia Yang Malu-Malu

Dec 7, 2018

Lalu dari kubu jazz bassis Barry Likumahuwa merilis album solo perdananya Good Spell (2008) yang bernuansa funk. Dengan fasih ia meramu jazz modern dengan funk. Dan ramuan ini ia lanjutkan di album-album berikutnya dengan nama BLP (Barry Likumahuwa Project)

Tahun 2010an muncul band TOR yang sempat merajai pensi SMA saat itu. Dengan funk yang lebih agresif dan aksi panggung yang sangat atraktif, TOR membuat funk menjadi lebih keren. Dengan pengaruh kental solois/gitaris funk Nigeria, Keziah Jones album perdana mereka Lorem Ipsum (2012) dirilis dengan kadar funk yang keterlaluan. Dan mengukuhkan TOR menjadi salah satu nama penting bila membicarakan funk Indonesia.

Beberapa tahun ini katalog funk Indonesia diperkaya oleh unsur lain selain band. Meskipun beberapa musisi merilis album bernuansa funk, antara lain Neurobic (2017) milik Hightime Rebellion yang memadukan dance, rock, funk dan disco, serta band funk 70sOC yang juga baru merilis video klip terbarunya dari album debut Electric Love (2017).

1
2
3
4
5
6
7
Penulis
Anto Arief
Suka membaca tentang musik, subkultur anak muda dan gemar menonton film. Pernah bermain gitar untuk Tulus nyaris sewindu, lalu bernyanyi dan bermain gitar untuk 70sOC.

Eksplor konten lain Pophariini

Virdania Melepas Video Musik “Door of Changes”

Virdania kembali dengan karya terbaru melalui peluncuran video musik single “Door of Changes” yang sudah bisa disaksikan melalui kanal YouTube Virdania.

16 Pertanyaan: Mezzaluna

Mezzaluna tak main-main berkarier di musik. Bukan sekadar untuk menjadi terkenal. Kami mencoba untuk mengenal Mezzaluna lewat rubrik 16 Pertanyaan.