Pangalo! Dan Katalog Funk Indonesia Yang Malu-Malu

Dec 7, 2018

Rhoma Irama memadukan dangdut dengan funk dalam lagu “Santai” yang memadukan suara kocokan gitar dengan efek wah yang sangat perkusif ala soundtrack film-film action kulit hitam Blaxploitation semacam SHAFT (1972) atau Superfly (1972) .

Kabar buruknya untuk band atau album Indonesia yang nge-funk hanya bisa menyebut satu nama saja. Adalah The Rollies yang sarat pengaruh dari musik soul/R&B, yang kemudian bertransformasi menjadi New Rollies di pertengahan 70an dengan menambah  seksi tiup yang maut. Karena sering membawakan repertoar soul/funk, sang vokalis Gito Rollies kerap dijuluki James Brown-nya Indonesia. Album ke 9, Kemarau (1979) yang banyak diganjar penghargaan adalah salah satu album funk legendaris penting di Indonesia. Simak lagu “Musik Kami” yang  funky dengan seksi tiup yang bersahut-sahutan.

1
2
3
4
5
6
7
Penulis
Anto Arief
Suka membaca tentang musik, subkultur anak muda dan gemar menonton film. Pernah bermain gitar untuk Tulus nyaris sewindu, lalu bernyanyi dan bermain gitar untuk 70sOC.

Eksplor konten lain Pophariini

Virdania Melepas Video Musik “Door of Changes”

Virdania kembali dengan karya terbaru melalui peluncuran video musik single “Door of Changes” yang sudah bisa disaksikan melalui kanal YouTube Virdania.

16 Pertanyaan: Mezzaluna

Mezzaluna tak main-main berkarier di musik. Bukan sekadar untuk menjadi terkenal. Kami mencoba untuk mengenal Mezzaluna lewat rubrik 16 Pertanyaan.