6 Musisi Perempuan yang Bersinar di 2022

Jul 9, 2022

Meski populasinya belum sebanyak musisi laki-laki, namun perempuan di musik selalu punya ruang di setiap periode di peta perjalanan musik Indonesia dari jaman ke jaman. Banyak musisi, baik biduan, penulis lagu, produser, instrumentalis bahkan grup band yang wara-wiri dalam timeline musik Indonesia, semua hadir dengan keunikannya masing-masing.

Sudah menjadi kewajiban bagi media musik seperti kami untuk menulis banyak soal musisi perempuan. Namun mari kita mulai dengan menuliskan hal yang sederhana tentang 6 musisi perempuan Indonesia yang bersinar di tahun 2022 ini.

Beberapa dari kalian mungkin familiar dengan daftar di bawah ini. Kami juga yakin beberapa dari kalian pasti juga ingin menambahkan dengan nama-nama baru. Itu tidak masalah, semua orang bebas untuk menaruh nama-nama favoritnya. Namun ijinkan kami untuk menaruh daftar terbaik menurut kami.

Silakan menyimak.


1. Isyana Sarasvati

“IL SOGNO”, Rangkuman Mimpi-mimpi Isyana. / Dok: Isyana Sarasvati.

Album LEXICON dirilis tahun 2019 silam adalah sebuah babak baru, terobosan atau manuver baru seorang Isyana sebagai musisi yang haus akan gagasan-gagasan baru. Dilanjutkan dengan tiga single yang dirilis selanjutnya, “Unlock The Key” (2020), “Il Sogno” (2021 – hadir juga dengan versi kolaborasinya dengan band metal sekelas Dead Squad) serta “my Mysteri” pun jadi bukti bahwa gagasan baru ini diterima dengan baik di pendengarnya dan membuat Isyana berada dalam arena yang lebih luas. Serta jangan lupakan juga rangakaian tur metal opera, LEXICONCERT lima kota yang tengah berjalan.

 

2. Voice of Baceprot

Kemunculan pertama kali dari trio ini menjadi buah bibir, apalagi dengan derasnya pemberitaan media luar soal mereka. Puncaknya ada ketika mereka tur di beberapa panggung besar di Eropa termasuk di gelaran festival metal terbesar, Wacken Festival membuat ‘macan-macan betina’ ini diperhitungkan dalam kancah musik keras tanah air.

 

3. The Dare

The Dare / foto dok. The Dare.

Javakensi Tour 2022 kemarin membuktikan bahwa mereka adalah all-girl-band yang tidak lagi dipandang sebelah mata. Arena besar mungkin saja telah menanti mereka sekarang.

 

4. Lyta Lautner

Bersama Soulfood, Lyta menjadi magnit bagi pecinta musik di Bali dengan notasi dan melodi soul reggae/africa-vibe yang keluar dari kerongkongannya yang berat tersebut. Dari Bali sampai Ibukota sudah membuktikan kedigdayaan suaranya di berbagai perhelatan dari kecil sampai besar. Tahun ini dan yang pasti tahun depan, mereka makin bersinar.

 

5. FLEUR!

FLEUR! /dok. FLEUR!

Sejak mereka memakai nama Flower Girls sebagai sebuah band tribute Dara Puspita, kami sudah yakin bahwa mereka akan menjadi sesuatu. Dan benar saja, ketika mereka ‘ganti baju’ dengan memakai nama baru, FLEUR!, semuanya nampak lebih berbeda, lebih tajam, lebih segar. Jika kalian sudah menyimak review debut albumnya, kalian tentu tahu bahwa bahwasannya mereka bukan sekadar tiga musisi perempuan handal dengan skill maksimal, namun sebuah paket yang dipertemukan dalam ruangan musik dengan proporsi yang jelas, benar-benar magnet!

 

6. Dere

Dere. / Dok: Dere.

Tak diragukan lagi, “Kota” dan “Berisik” adalah bukti bahwa perpaduan antara suara yang unik dan songwriting yang baik adalah paket combo yang bisa memenangkan hati pecinta musik Indonesia kepada penyanyi debutan yang satu ini. Bagaimana tidak, melihat pertunjukkan terbarunya di Prambanan Jazz kemarin membuktikan bahwa ia adalah the next big thing tahun ini dan mungkin akan menjadi besar di tahun depan.

 


 

Eksplor konten lain Pophariini

Bersiap Album Baru, Figura Renata Hadirkan Single Tuan Kelana

Sejak Februari 2024 Figura Renata mengeluarkan satu per satu single dengan tema dan pesan yang beragam, dimulai dari “Menyerah Pada Dunia”, “Dan, Jika …”, “Ayah Ibu”, “Sangkar”, hingga “Ada Yang Harus Dimenangkan”. Perilisan kelima …

Arash Buana Rilis Single Friends Menuju Album Baru

Setelah mengeluarkan single “i really do love her <3” bulan Februari 2024, Arash Buana melanjutkan perjalanannya menuju album baru dengan merilis single bertajuk “friends” hari Jumat (19/04).  Melukiskan fase umum yang terjadi dalam kehidupan …