10 Catatan Musik Favorit PHI Selama Pandemi

561

Pandemi Covid 19 dan kebijakan PSBB di tanah air terbukti memaksa warga negaranya untuk makin dan makin kreatif, termasuk diantara kehidupan bermusik dari pelaku seni di  bumi pertiwi.

Sejak kita disuruh balik ke kandang atau stay at home, PHI menulis banyak berita, catatan musik yang bersumber dari aktivitas-aktivitas seru yang dibuat para musisi Indonesia ini.

Beberapa catatan musik ini beragam, dari wacana menikmati musik, celah streaming baru dan nyeleneh, aktivitas grande dan menohok sampai aktivitas biasa tapi menariknya ampun-ampunan.

Selamat menikmati catatan musik Pop Hari Ini!

_______________________________________________________________________

Mardial Rilis album di Situs Ehem Ehem

Mardial aka Mamang Kesbor merilis albumnya di situs dewasa / dok. Mardial

Musisi di abad ke-21 memang kaya akan inovasi. Inovasi memang diperlukan agar bisa menarik perhatian dan Mardial terbukti bisa menyedot perhatian banyak orang, termasuk kami. Mungkin pernah terpikirkan oleh musisi Indonesia tapi takut atau gengsi atau mungkin juga tak pernah jadi agenda, tapi Mardial berani untuk memulai, perkara tak ada yang mengikuti, ya bodo amat. Menjadi yang pertama itu memang menyenangkan.

Baca berita selengkapnya di sini

 

We The Fest resmi batal

Ardhito Pramono di WTF Park Stage

Pandemi ini menjadi pukulan telak bagi beberapa festival musik yang dengan berat hati harus diundur atau dibatalkan, termasuk salah satunya yang baru terkonfirmasi resmi adalah We The Fest. Festival yang sedianya digelar di pertengahan tahun ini terpaksa harus dibatalkan karena faktor kesehatan termasuk mungkin ketidakjelasan protokol kesehatan dari pemerintah bagi para promotor acara musik.

Simak beritanya di sini

 

Seru-seruan Koplo Money Heist

Feel Koplo
Feel Koplo rilis video remix lagu Bella Ciao / dok. Feel Koplo

Seru-seruan itu perlu untuk stay waras di tengah situasi sulit ini. Lumayan lah buat menambah awareness, ya kan? Duo pemandu party asal Bandung ini tahu benar gimana caranya bikin seru-seruan yang mantul.

Emang paling koplo deh, intip di sini 

 

‘Orkestra di Rumah’ gaswat mas Erwin 

Jika ‘Disko di Rumah’ milik The Safari, tapi Orkestra di Rumah sudah pasti milik mas Erwin Gutawa. Doi tahu bener gimana caranya bikin tontonan yang ‘to the max’ banget. Simak aja lagu Chrisye yang digubahnya jadi spektakuler!

Di sini dong kalo mau nonton

 

Jamming Santai Indra Lesmana

Indra Lesmana
Indra Lesmana mengisi kegiatan DiRumahAja dengan mengunggah video stay at home jam session-nya / foto: Ravi Lesmana

Banyak musisi yang bikin challenge-challenge menarik di instagram. Diantara semua itu, mas Indra kami rasa yang terbaique dan terseru.

Simak sendiri aja di sini

 

‘Orkestra indie’ ala Bemby Gusti

Bemby Gusti
Bemby Gusti mengaransemen lagu-lagu pop sidestream ke dalam bentuk orkestra / foto: @bembygusti

Drummer Sore yang juga penata musik buat soundtrack ini punya gawean iseng buat mengisi kebosanan di masa pandemi yakni menggubah lagu-lagu indie yang kita kenal ke dalam versi orkestra. Menarik banget!

Dengerin di sini guys

 

Film Dokumenter Skena Britpop Poster Cafe

Poster Cafe
Kemeriahan gig independen di Poster Cafe era pertengahan 90-an / dok. dokumentasi teaser film (Edo Wallad)

Musisi yang juga scenester OG ini mendapat harta karun berupa kaset berisi rekaman footage band-band britpop yang manggung di Poster Cafe. Saat ini ia lagi menjalani proses menjadikan ini sebuah film panjang tentang skena britpop di Jakarta. Wah kaya apa ya jadinya?