Album Favorit Pop Hari Ini Selama Setengah Tahun 2020

1305

Beberapa kali memang sudah terucap, bahwa tahun 2020 ini adalah tahun yang sangat tidak menyenangkan. Tentunya mengagetkan, jika mengingat bahwa tahun 2019 adalah tahun yang meriah (walau juga ada beberapa yang menyedihkan, namun ya sudahlah, tahun ini lebih sedih). Banyak di antara mereka yang juga bersiap menghadapi tahun 2020 dengan rencana-rencana mutakhir yang sudah digodok dan tentunya rasa optimis yang melambung tinggi.

Semua terasa normal hingga ¼ tahun dilewati, hingga akhirnya sudah kita ketahui bersama bagaimana kelanjutannya hingga saat ini. Kaget? Tentu saja.

Jika melihat dari lingkup yang lebih luas, berapa banyak mimpi-mimpi dan rencana yang mesti ditunda – atau bahkan batal? Juga jika melihat dari sisi industri musik saat ini, berapa banyak dari mereka yang mesti kehilangan panggung, membatalkan showcase dan rencana tur, dan bahkan kehilangan penghasilan utama?

Narasi yang akan kalian baca sehabis ini mungkin terasa tidak asing, karena memang sudah pernah tertulis sebelumnya. Terasa atau tidak, tahun 2020 ternyata sudah berjalan hampir separuhnya. Meskipun tidak dipungkiri bahwa ‘awan hitam’ masih menggelayuti langit dan nampak belum ada tanda-tanda akan memutih, namun setidaknya ada beberapa hal menyenangkan yang mampir di antara ‘awan hitam’ tersebut.

Sepanjang setengah tahun 2020 ini, setidaknya ada hampir 30 rilisan terbaru – dalam hal ini, album, dari para musisi lokal yang tercatat di redaksi kami. Album-album tersebut, entah itu full album, mini album, live album, maupun EP, seakan menjadi angin segar bagi industri musik lokal – yang memang juga terkena dampak dari ‘awan hitam’ tersebut.

Jika sebelumnya kami merangkum beberapa kontingen dari live album selama setengah tahun 2020 ini, maka kali ini kami – tim redaksi,  memilih 10 album favorit kami dari rilisan-rilisan lokal yang hadir pada setengah tahun ini. Ngomong-ngomong, 10 nomor yang kami tulis di bawah ini bukan sesuai peringkat ya. Berikut adalah diantaranya:

 

Selamat Ulang Tahun – Nadin Amizah

Sampul album Nadin, Selamat Ulang Tahun

Album perdana dari Nadin Amizah ini menjadi satu yang mengagetkan ketika ‘tiba-tiba’ hadir pada akhir Mei lalu. Penempatan kalimat ‘tiba-tiba’ yang kami tuliskan pun bukan tanpa alasan, karena memang hadirnya Selamat Ulang Tahun ini tanpa ‘woro-woro’ hingar-bingar bentuk promosi di berbagai media sosial seperti layaknya nama-nama musisi lainnya. Jika ada penanda hadirnya album ini, mungkin hanyalah postingan Nadin di Instagramnya yang berupa foto USG, beberapa hari sebelum albumnya rilis, yang membuat para penggemarnya kaget bukan kepalang.

 

Zirah (Self Titled) – Zirah

Sampul album Zirah, “Zirah”

Semejak kemunculan kuartet rock asal Jakarta ini pada medio 2 tahun kebelakang, akhirnya mereka resmi merilis EP perdananya, Zirah (self titled) pada awal tahun 2020 ini, di bawah bendera Rekaman Pots, yang juga turut membawahi nama-nama seperti Rachun. MRT, Radikal Ideologi, dan beberapa nama lainnya. EP ini hadir dengan 6 nomor, dimana keenam nomor tersebut membawa ciri khasnya tersendiri. 

Satu yang menjadi bahan pembicaraan, bagaimana single “Pusaka Pertiwi” – yang lebih dulu rilis pada pertengahan tahun 2019 lalu, membawa kisah mengenai sang drummer yang sering masuk angin dan bergantung kepada minyak tawon sebagai penangkalnya.

Namun sangat disayangkan, beberapa hari lalu, Zirah mengumumkan bahwa sang vokalis, Alyssa Isnan, sudah tidak bersama mereka lagi.