3033

Kaleidoskop Musik Indonesia 2018 versi Pop Hari Ini

M A R E T

 

SXSW 2018: Polemik ERK –  BEKRAF

Efek Rumah Kaca. dok. istimewa

Perjalanan ke Austin Texas untuk bermain dalam festival bergengsi di Negeri Paman Sam, South By Southwest (SXSW) adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi trio asal Jakarta ini. Di balik itu, kiprah ERK ke SXSW tahun ini menyisakan cerita musisi Indonesia ke SXSW 2018 yang diwarnai dengan polemik dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), sebagai yang lumayan kerap mendukung musisi Indonesia bermain di SXSW 2018 akibat masalah teknis dan komunikasi.   

Awan Duka Navicula

Foto oleh: Agung Ralyansyah

Kabar duka datang dari unit rock alternatif asal Bali, Navicula. Mereka baru saja kehilangan salah satu personel untuk selamanya. Made meninggal dunia pada hari Senin, 26 Maret 2018 pasca melewati situasi kritis di kamar ICU RSUP Sanglah Denpasar akibat kecelakaan yang dialaminya. Made menjalani karier yang cukup panjang bersama Navicula meski tidak dari awal band terbentuk pada tahun 1996.

KAMI, menuju ke arah yang baik

Foto: KAMI 2018

Tanggal 7-9 Maret 2018 di Taman Budaya, Ambon menjadi hari bersejarah berlangsungnya Konferensi Musik Indonesia dalam rangka merayakan Hari Musik Nasional  9 Maret 2018. Sejumlah kesepakatan dihasilkan dalam Konferensi Musik Indonesia (KAMI) untuk industri musik Indonesia ke depannya.

Wajah baru hip hop Indonesia

Baca juga:  Kacamata Gaya Musisi Indonesia
Laze / dok. Laze

Maret ini mencatat munculnya Laze di rotasi musik di redaksi PHI. Beberapa dari kami sih sudah mengetahui aksinya lewat kolektif hip hop bernama Onar. Tapi baru ketika ia meluncurkan album Waktu Bicara dan kami mendengar “Budak” untuk pertama kalinya, kami menganggap Laze akan jadi sesuatu.