Kaleidoskop Musik Indonesia 2019 versi Pop Hari Ini

1288

 

M A R E T 

Tentang Pikiran dan Perjalanan

Sampul album Pikiran dan Perjalanan / dok. Barasuara

Delapan Maret 2019 menjadi tanggal spesial bagi Barasuara, di tanggal ini mereka mengumumkan secara resmi perilians album kedua mereka bertajuk Pikiran dan Perjalanan. Kabar resmi ini juga akhirnya menjawab kegelisahan banyak fans dan pihak yang bertanya kapan pastinya album kedua dari band asal Jakarta ini dirilis sebagai kelanjutan dari dirilisnya single “Guna Manusia” sejak tahun 2018 lalu.

 

Debut Konser In Medio Anda Perdana 

Anda perdana / foto: Pohan

Rabu (27/03) malam di Rossi Musik menjadi malam yang tak dilupakan bagi Anda dan fansnya. Sekitar pukul delapan, ratusan anak muda di Jakarta tumpah ruah memadati ruangan Rossi Musik demi melihat salah satu musisi hebat tanah air, Anda Perdana membawakan karya-karya terbaik di album In MedioInilah kali pertama karya yang sudah berusia 10 tahun ini dibawakan secara lengkap ke publik.

 

(Lagi) Musisi Indonesia di SXSW 2019

Dhira Bongs di festival SWSX. Foto: dok. Dhira Bongs

Tidak banyak musisi Indonesia yang berlaga di festival berkelas seperti South By Southwest (SXSW). Maret 2019, kesempatan ini hadir ke Dhira Bongs. Belum lama ini, musisi asal Bandung tampil di festival bergengsi yang bertempat di Austin, Texas. Digelar 8-17 Maret 2019, festival tahunan di negeri paman Sam ini menampilkan musisi-musisi lintas genre dari seluruh dunia. Dhira Bongs menyusul band-band tanah air seperti White Shoes and The Couples Company, The SIGIT, Shaggydog dan Efek Rumah Kaca yang pernah mencicipi bermain di festival ini.

 

A P R I  L 

 

Ketika Jason Ranti dibaptis Iwan Fals

Iwan Fals & Jason Ranti. Foto: Ananda Suryo

Konser Iwan Fals memang selalu berkesan bagi sebagian besar orang yang menontonnya. Namun konser Iwan Fals yang digelar Sabtu, (30/03) di Allianz Ecopark, Ancol boleh dibilang berkesan bagi Jason Ranti, tak terkecuali fans. Karena di panggung inilah mereka melihat momen yang paling ditunggu-tunggu: Ketika Iwan Fals dan Jason Ranti berada berdua di atas panggung. Bagi sebagian orang, penampilan mesra Jason Ranti dan Iwan Fals malam itu seperti ajang ‘baptis’ bagi musisi senior dan penerusnya. Sebuah regerenasi telah terjadi malam itu.

 

M E I 

Lahirnya Bani Bumi 

Bani Bumi

Mei 2019, Polka Wars boleh menghela nafas lega. Akhirnya satu tahun kerja keras mereka terbayar dengan dirilisnya Bani Bumi, album kedua sekaligus album terbaru. Menurut Polka Wars Bani Bumi adalah sebuah akumulasi rasa galau, gemuruh serta kesedihan yang dirasakan masing-masing personil. Setelah memerlukan waktu empat tahun pasca album pertama, Axis Mundi, dirilis, Polka Wars sepakat untuk merangkum kegelisahan mereka melalui album keduanya ini.

 

Kembalinya ZATPP

Foto terbaru Zeke And The Popo / dok. zekekhaseli (instagram).

Zeke And The Popo (ZATPP) bangun dari tidur yang panjang. Kuartet indierock asal Jakarta ini bangun dari hibernasinyanya dan merilis mini album bertajuk The Three Magical Penguins. Tepat pada Sabtu (4/5) ini, karya terbaru mereka resmi dilepas di kanal digital. Diterbikannya The Three Magica Penguins di kanal digital ini tak lama setelah sebelumnya mereka mengedarkan mini album pertama setelah vakum ini dalam bentuk CD di ajang Record Store Day Indonesia 13 April lalu. Di ajang tersebut, secara mengejutkan dua personil ZATPP, masing-masing Leonardo Ringo dan bassist Yuditia Noor berada di panggung Record Store Day. The Three Magical Penguins berisi tiga lagu terbaru ZATPP, masing-masing berjudul “Charlie”, “Alisha” dan “Mankind”.