538

Kaleidoskop Musik Indonesia 2019 versi Pop Hari Ini

 

RUU Permusikan: Resmi Batal 

Konfrensi Meja Potlot. Foto: istimewa
Para peserta Konferensi Meja Potlot yang terdiri dari Anang Hermansyah, Glenn Fredly, Slank dan para perwakilan KNTLRUUP berpose bersama usai mencapai kesepakatan terkait pembatalan RUU Permusikan. (Foto: Sarah Glandosch)

Mei ini, Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan resmi dibatalkan. RUU Permusikan telah ditarik dari daftar Prolegnas RUU Prioritas 2019. Berita ini diumumkan oleh akun twitter resmi Koalisi Nasional Tolak Rancangan Undang-Undang Permusikan (KNTL RUUP). Proses menuju Pembatalan RUU Permusikan ini cukup panjang. Para musisi yang tergabung dalam KNTL RUUP ini sebelumnya bertemu dengan pihak dari Anang dan KAMI di mabes Slank di Potlot atau apa yang dikenal sebagai Konferensi Meja Potlot. Pertemuan kedua belah pihak yang berseberangan dan telah saling sepakat untuk membatalkan RUU Permusikan.

 

Ketika Otong Koil Buka-bukaan

Otong Koil / dok. koilofficial (instagram).

Vokalis band Koil, J. A. Verdijantoro alias Otong Koil buka-bukaan di sebuah video wawancara bersama aktor/stand up komedian, Soleh Solihun. Sejak diposting Minggu, 9 Juni lalu sampai hari ini sudah hampi 350 ribu orang yang menonton ‘pengakuannya’. Di video tersebut, Soleh Solihun mengorek isi kepala Otong Koil dari A-Z. Beragam cerita berhasil dimunculkan di video berdurasi hampir dua jam ini. Dari persoalan album baru Koil yang tidak kunjung keluar, ikhwal dirinya disantet, konsep ‘unik’ Otong tentang Tuhan dan pengakuan penting lainnya.

Baca juga:  PHI Kaleidospop: Cuplikan Promosi Band Indonesia 2018

 

Polemik Audisi Wacken Open Air 

Taring. Foto: DCDC

Audisi untuk festival musik ekstrim terbesar di Jerman, Wacken Open Air (WOA) bertajuk ‘Wacken Metal Battle Indonesia 2019’ Sabtu malam (22/06) kemarin bertempat di Dome Balerame Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung berlangsung seru. Dari total 10 band yang diaudisi, band hardcore asal Bandung, Taring terpilih menjadi wakil Indonesia di Wacken pada 1-4 Agustus 2019. Keputusan memilih Taring sebagai pemenang ini sempat menimbulkan polemik. Terutama karena Taring dianggap masih satu lingkaran pertemanan dengan para tim juri. Sebagai info, drummer Taring, Gebeg beberapa tahun ini jadi partner siaran Extreme Moshpit dengan Ebenk (Burgerkill). Namun hal itu disanggah langsung Eben melalui akun Instagramnya. Sementara saingan berat Taring di audisi ini band Kapital asal Kalimantan yang juga telah mempunyai nama besar dalam kancah musik metal gagal memenuhi ekspektasi banyak orang untuk maju sebagai pemenang.

Baca juga:  Kampungan Versus Gedongan: Bagaimana Selera Musik Kelas Menengah di Indonesia Terbentuk?

 

J U L I

 

Rich Brian Nampang di Time Square

poster Rich Brian di Times Square / foto: Brian

Mungkin kami salah, namun menurut pengamatan kami, belum pernah ada berita musisi asal Indonesia yang wajahnya bisa terpajang sebegitu besarnya di Time Square. Kini, wajah musisi hip hop kelahiran Indonesia, Rich Brian terpampang dengan megahnya di kawasan paling sibuk yang berlokasi di jantung kota New York. Foto di Time Square tersebut bukan tanpa alasan. Diketahui bahwa Spotify tengah mempromosikan iklan New Music Friday Spotify. New Music Friday ini adalah ajang promosi lagu-lagu terbaru yang masuk ke Spofity di setiap hari Jumat. Untuk edisi Jumat (28/6/2019) pekan ini, Spotify menjadikan Rich Brian sebagai sampulnya.

Baca juga:  Kacamata Gaya Musisi Indonesia

 

Debut Hondo Lewat Thirty

Hondo / foto: Jonathan

Juli ini, tepatnya tanggal 12 Juli menjadi hari munculnya duet baru yang menjanjikan di industri musik tanah air. Hondo, duet ini digawangi musisi Kamga dan Chevrina, keduanya dari group Dekat. “Thirty” dipilih menjadi single debut mereka. Berbeda dengan Dekat, Hondo membalut musiknya dengan lebih spiritual namun juga menenangkan. Dari sini, Hondo yang juga pemenang dari Go Ahead Challenge 2019 kian nampak, mereka manggung di sana-sini. Rencananya, Hondo juga akan membuat karya-karya lainnya.