538

Kaleidoskop Musik Indonesia 2019 versi Pop Hari Ini

 

Membaca Dua Buku Pusakata

Pusakata / foto: dok. Pusakata.

Pusakata, entitas musikal baru yang dibangun Mohammad Istiqamah Djamad atau yang biasa disapa Is resmi melepas debut albumnya pada 30 Juli 2019 yang bertajuk Dua Buku. Inilah muara dari cerita terbaru Pusakata setelah sebelumnya ia merilis empat buah single yaitu “Cemas”, “Kehabisan Kata”, “Jalan Pulang”, dan “Kumpul Famili dan Teman” sebagai pendahuluan atau teaser untuk para penikmat musik yang ingin mengetahui seperti apa karakter musik dan lirik dari setelah beliau hengkang dari Payung Teduh.

 

Rich Brian dan The Sailor

Rich Brian “The Sailor” / dok. istimewa

Setelah pulangnya Rich Brian ke Indonesia di awal bulan Juli kemarin, rapper muda
tersebut telah merilis album baru berjudul The Sailor yang ia rilis bersama 88rising,
dan didistribusikan secara eksklusif oleh 12Tone pada 26 Juli 2019. Selain merilis
album, Rich Brian juga merilis sebuah film pendek sebagai pendamping dari album
barunya tersebut. Album The Sailor merupakan karya terbaru Rich Brian, seorang remaja berumur 19 tahun bernama asli Brian Immanuel, setelah album perdananya Amen yang dirilis pada 2018 lalu.

Baca juga:  Mods Indonesia Merayakan Hari Buruh

 

A G U S T U S

 

Uki Noah Undur Diri

Noah
Gitaris Uki mundur dari Noah

Kabar duka buat para fans Noah: Mohammad Kautsar Hikmat atau Uki Noah, gitaris dari band tersebut resmi mengundurkan diri pada 8 Agustus 2019 kemarin. Hengkangnya Uki ini terjadi saat band Noah merilis album barunya Keterkaitan Keterikatan. Lewat akunnya, Uki memposting surat yang menceritakan kenangannya bersama dengan Noah sekaligus menjelaskan alasannya mundur.

 

GAC Undur Diri

GAC / instagram.com/gac

Grup musik Gamaliel, Audrey, Cantika (GAC) mengumumkan bahwa mereka akan
pamit dari dunia permusikan Indonesia. Hodgepodge Festival pada 31
Agustus 2019 akan menjadi panggung terakhir mereka. Menyusul vakumnya trio ini, masing-masing personilnya telah jalan sendiri-sendiri dengan single mereka.

 

S E P T E M B E R 

Baca juga:  Tentang Hutang yang Belum Terbayar: Wawancara Eksklusif Gusti Arirang, Putri Djaduk Ferianto

 

Diskoria ke Paman Sam

kika: Aat dan Merdi Diskoria / foto: Pohan

Diskoria memberikan sebuah kabar gembira. Melalui akun instagramnya, dua selekta asal Jakarta yang diawaki Merdi Simanjuntak dan Fadli Aat tersebut mengumumkan bahwa mereka akan tampil di New York pada 29 September 2019 dalam rangka memeriahkan acara Tjanting Funday 2019 – Batik for World Peace 2019. Bermain di Skylight @ Four Freedoms Park, Roosevelt Island, New York, ini adalah panggung debut Diskoria di luar Indonesia. Bulan-bulan berikutnya di tahun ini, mereka juga berkesempatan bermain di Melbourne, Australia.

 

Ariel Nayaka for Def Jam 

Ariel Nayaka resmi bergabung dengan Def Jam South East Asia / dok. @defjamindonesia (instagram).

Selasa, 17 September 2019 merupakan tanggal bersejarah bagi Ariel Nayaka. Rapper muda asal Jakarta ini resmi menjadi bagian dari keluarga besar Def Jam South East Asia, sebuah label rekaman yang diluncurkan Universal Music Group (UMG) khusus wilayah Asia Tenggara. Def Jam Recordings atau yang lebih dikenal dengan Def Jam sendiri adalah label hip-hop legendaris asal Amerika yang kini dimiliki Universal Music Group. Beberapa musisi yang berada dalam keluarga besar Def Jam antara lain dari NAS, A Tribe Called Quest, Big Sean, Kanye West sampai Justin Bieber.