Kaleidoskop Musik Indonesia 2019 versi Pop Hari Ini

1288

 

Semua Kembali ke M Bloc

di depan halaman M Bloc Space

Sebelum ada M Bloc atau M Bloc Space, kawasan tempat M BLoc berdiri ini dulunya adalah tempat mencetak uang yang terbengkalai selama berpuluh-puluh tahun. Hingga Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dan PT Ruang Riang Milenial berinisiatif menyulap bangunan lama menjadi ruang kreatif. Ada banyak kegiatan yang digelar setiap harinya di kompleks M Bloc ini, dari acara diskusi sampai konser musik. Selain itu, anak muda Ibukota memanfaatkan ruang ini sekadar berjalan-jalan menyusuri tennant menarik yang ada di M Bloc ini.

 

Kolaborasi Jangar x Doddy Hamson 

Jangar
Kuartet heavy rock pulau Dewata: Jangar / dok. berita angkasa

Jangar, kuartet heavy rock belia asal Denpasar, Bali akhirnya merilis album penuh perdana mereka, Jelang Malam, pada Selasa (1/10). Album yang diproduseri sendiri oleh para personelnya dirilis dalam format digital dan cakram padat melalui label rekaman asal Jakarta, Berita Angkasa Records. Menariknya, di album ini kita akan mendengar lagu “Haerath I” yang merupakan kolaborasi Jangar dengan Doddy Hamson ‘Komunal’. Bagi fans yang kangen akan sosok Doddy Hamson, ini kali pertama kita akan mendengar kembai suara khas Doddy Hamson dalam rekaman musik.

 

Ananda Badudu Ditangkap 

Kepalkan tangan: Ananda Badudu

Ananda Badudu, wartawan/musisi yang sebelumnya menggalang dana untuk mahasiswa akhirnya dinyatakan bebas murni setelah sebelumnya musisi yang melakukan penggalangan dana untuk mahasiswa yang berdemo ini dijemput polisi untuk diperiksa dan dimintai keterangan pada Jumat, 27 September 2019 pukul 04.34 dini hari. Berita penangkapan Ananda ini spontan menyebar di sosial media Twitter dan Instagram. Tak sedikit orang yang mengecam penjemputan Ananda, para musisi tanah air bersama-sama membagikan tagar #BebaskanAnandaBadudu di media sosial.

 

O K T O B E R

 

Burgerkill goes to Uncle Sam 

Burgerkill / dok. burgerkillofficial (instagram)

Oktober besok akan menjadi bulan yang menggembirakan sekaligus menantang untuk Burgerkill. Lewat akun instagramnya, band metal asal Bandung ini mengumumkan bahwa mereka mengadakan tur di negeri Paman Sam bulan Oktober. Bertajuk “Adamantine American Tour 2019”, band asal Ujung Berung ini akan menyambangi ke 16 kota di Amerika Serikat seperti Chicago, Washington, Philadelphia hingga New York yang dimulai pada 16 Oktober 2019 sampai 31 Oktober 2019.

 

Club 80s Kembali 

Club Eighties, kika: Lembu, Cliff dan Yton.

Setelah 10 tahun tidak mengeluarkan lagu, Club Eighties mengobati kerinduan fans dengan mengeluarkan single berjudul “Cahaya”, dirilis Sabtu (26/09) kemarin via layanan streaming musik. Band yang berdiri tahun 1998 ini kembali ke industri musik Indonesia setelah 10 tahun tak mengeluarkan lagu apapun. Single “Cahaya” ini menjadi karya pertama Club Eighties yang dirilis dalam format digital. Lagu ini akan menjadi bagian untuk mini album Club Eighties yang akan datang berjudul #September1985.

 

Danilla dan Fingers

sampul mini album Fingers / dok. Danilla.

Danilla Riyadi kembali menghadirkan kejutan baru pada Senin, (30/09) dini hari kemarin. Tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, secara tiba-tiba penyanyi asal Jakarta ini meluncurkan mini albumnya yang diberi judul Fingers. “Sengaja diluncurkan tanpa woro-wiri karena tujuannya adalah berbagi,” ujarnya. Di mini album ini pertama kalinya Danilla berperan sebagai pencipta lagu dan produser tunggal untuk sebuah kumpulan karyanya, serta memainkan semua instrumen.